Pesona IndonesiaUrban

Wisata Jogja Populer untuk Belajar Budaya Selain Borobudur

sendra tari keraton joogja

Destinasio – Sangat disayangkan jika kamu hanya melihat Borobudur satu-satunya tempat wisata Jogja populer untuk belajar budaya. Karena faktanya ada banyak tempat wisata di Jogjakarta yang mana kamu bisa jadikan tempat untuk belajar budaya.

Apalagi jika kamu membawa serta anak kamu. Mungkin kamu tipe orang tua yang tidak ingin anak-anak kecil lupa dengan budaya nusantara, terutama budaya Jawa yang terekam di Jogjakarta. Yang pasti, membawa anak-anak ke Jogja bukan hanya untuk refreshing, melainkan juga untuk membuat anak bangga dengan budaya sendiri. 

4 Tempat Wisata Budaya di Jogjakarta Paling Populer

Lalu, mana saja tempat wisata Jogja populer untuk belajar budaya yang harus dikunjungi? Setidaknya 5 tempat berikut ini harus kamu masukkan ke dalam list yang harus kamu kunjungi:

Keraton Jogjakarta

Rasanya tidak ada tempat yang paling lengkap yang menyimpan budaya Jawa selain di Keraton Jogjakarta. Dari sekian banyak tempat, Keraton inilah yang masih aktif. Jogja masih dipimpin oleh Raja Jogjakarta.

termurah Wisata Jogja Populer keraton

Photo via instagram @grandzuri.malioboro

Meskipun demikian, bukan berarti Keraton tidak boleh dikunjungi orang luar. Justru ini tempat yang dibuka secara umum. Tentu saja ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki oleh orang biasa.

kebaya baju adat keraton jogja

Photo via instagram @widjanarkofajar

Bahkan, terkadang ada pagelaran seni budaya Jawa seperti wayang di dalam Keraton. Ada baiknya kamu cari tahu jadwal pagelaran seni budaya di sana agar kamu bisa menyaksikannya secara langsung.

sendra tari keraton joogja

Photo via instagram @leo.walangijo

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling Keraton untuk melihat bangunan Keraton yang masih asli. Ini bisa menjadi pembelajaran langsung yang menarik untuk anak-anak kamu.

wisata budaya populer keraton jogja

Photo via instagram @julie.lauw

sejarah keraton jogja

Photo via instagram @meiviulfachil

Jika kamu merasa lapar, di sekitarnya banyak sekali kuliner malam khas Jogja yang banyak diburu wisatawan disekitarnya yang siap untuk memanjakan lidahmu dan tentunya dengan harga yang murah-meriah.

Yuk lihat :   Memanjakan Diri di Dusit Devarana Hot Spring Resort China

Desa Wisata Tembi

Salah satu peninggalan budaya Jawa, khususnya Jogjakarta yang masih bisa dinikmati sampai sekarang adalah batik. Sekarang, wisatawan memiliki kesempatan untuk belajar membuat batik. Jika kamu tertarik, kamu bisa berkunjung di sebuah desa wisata di Tembi, sebuah desa yang ada di Kota Bantul.

destinasi Desa wisata tembi jogja

Photo via instagram @hendra_k_k

wisata alam desa tembi jogja

Photo via instagram @pramudyadita

kolam renang alam desa wisata tembi jogja

Photo via instagram @dekkad96

Tembi memang desa kecil. Namun, popularitasnya mendunia. Banyak wisatawan luar negeri yang tinggal di homestay di sekitar Tembi. Alasannya, mereka ingin merasakan suasana pedesaan. Selain itu, mereka juga bisa belajar membuat batik. Batik bikinan mereka bisa dibawa sebagai buah tangan saat mereka pulang nanti.

wisata jogja populer belajar membuat batik desa tembi

Photo via instagram @ibnu_sutopo

Kamu tertarik juga?

Kasongan 

Selain batik, ada wisata Jogja populer yang masih melestarikan kerajinan yang menjadi budaya turun temurun, yaitu kerajinan gerabah dan keramik. Hasil karya warga Kasongan ini ternyata sekarang diminati masyarakat di luar negeri. Banyak kerajinan mereka yang dipasarkan di Jepang dan Korea.

wisata jogja populer gerabah kasongan

Photo via instagram @bintang.kusnanto

Makanya, banyak wisatawan yang datang ke Jogja bukan hanya untuk liburan tapi juga mengunjungi Kasongan. Mereka ingin melihat langsung cara pembuatan kerajinan. Ada yang datang untuk survei. Mereka bisa saja pebisnis yang ingin membeli dan menjualnya kembali. Ada yang datang untuk belajar sekaligus membeli.

gerabah kasongan wisata jogja populer

Photo via instagram @diannovita.lifu

belajar membuat gerabah kasongan jogja

Photo via instagram @aulia_hasymirahma

Jika kamu tertarik, Kasongan ini tidak jauh dari pusat kota Jogjakarta. Tepatnya Kasongan ini ada di Bantul, sekitar 8 kilometer dari Jogjakarta.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Desa Nglanggeran ternyata mendapatkan predikat Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi ASEAN CBT Award 2017. Pasalnya, desa wisata populer Jogja ini menyiapkan program live in. Artinya, kamu sebagai wisatawan diajak untuk menginap di rumah warga. 

wisata jogja populer Gunung Api Purba Nglanggeran

Photo via instagram @wahyu_u2103

bercocok tanam wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Photo via instagram @puput_kitchennn

Bukan hanya itu. kamu juga akan dilibatkan di dalam sebuah kegiatan di pedesaan, seperti bercocok tanam. Bagi orang perkotaan, ini menjadi wisata yang tidak hanya menyenangkan tapi juga menantang.

Lokasinya berada di Kawasan Gunung Api Purba. Jadi, suasana di sana sejuk. Selain ikut dalam kegiatan di pedesaan, kamu juga bisa refreshing di Air Terjun Talang Purba serta bersantai di Embung Nglanggeran. Jelas masa berlibur kamu sempurna.

Air Terjun Talang Purba Wisata Populer Jogja

Photo via instagram @keziachris1

Embung Nglanggeran Wisata Populer Jogja

Photo via instagram @raattnaa__

Nah, sudah siap untuk mendatangi wisata Jogja populer untuk belajar budaya tersebut di atas? Jangan lupa untuk menikmati kelezatan kuliner khas Jogja yang bakalan ngangenin.

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *