Logo Destinasio Magazine
Pulau Rinca Pantai Wisata Favorit Pulau Komodo

Walaupun Kecil, 8 Pulau Ini Luar biasa Indah Loh!

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau dengan pantai yang indah dan taman laut dengan keragaman spesies terumbu karang. Beberapa pulau sebenarnya menjadi tempat menyelam terbaik. Berikut adalah delapan pulau-pulau kecil terbaik di Indonesia :

1. Pulau Nias

Mayoritas pengunjung ke pulau Nias adalah peselancar. Pulau Nias dihuni oleh mayoritas suku Nias yang sebagian besar masih menganut budaya megalitik. Nias terkenal dengan orang yang beragam festival, salah satu Tari Perang sering dilakukan, terutama ketika banyak wisatawan mengunjungi pulau-pulau ini.

Pantai Nias Favorit Turis Asing

Pulau Nias Surfing Terkenal di Indonesia
Photo via instagram @giuliamanfrini

Nias juga dikenal sebagai tradisi Lompat Batu, ritual di mana seorang pemuda akan melompati sebuah menara batu setinggi dua meter sebagai penanda kedewasaan. Singkatnya, Nias adalah sebuah pulau yang indah dengan penduduknya yang ramah, kekayaan budaya, pantai yang indah dan pemandangan dengan gelombang cocok untuk berselancar.

2. Pulau Bangka

Bangka adalah sebuah pulau di timur Pulau Sumatera dipisahkan oleh Selat Bangka. Pulau dengan Pulau Belitung merupakan provinsi kepulauan. Sebagian besar pulau ini terdiri dari dataran rendah, rawa, bukit-bukit kecil, pantai berpasir putih, perkebunan lada dan tambang timah. Sebagian besar pulau Bangka adalah Melayu yang bekerja sebagai buruh pabrik timah. Hal ini sekarang mulai dikembangkan resort di sekitar pulau, tetapi tidak mengubah keindahan alam pesisir pulau Bangka.

Eksotisme Teluk Gembira Kepulauan Bangka Belitung

Eksotisme Pantai Membalong Kepulauan Bangka Belitung 2

3. Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak di mulut Saleh Cape, sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan cagar alam Moyo Island National Park berlokasi beberapa kilometer dari pantai utara, dikelilingi oleh terumbu karang yang indah, serta habitat babi hutan, biawak mengikuti 21 jenis kelelawar, rusa liar, ada juga kelompok kepiting-makan monyet, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai jenis burung, hiu dan penyu. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang di bawah laut yang terbaik dikunjungi selama musim kemarau antara bulan Juni dan Agustus.

Pulau Moyo Pantai Wisata Favorit Sumbawa
Photo via instagram @pulau_moyo

4. Pulau Rinca

Rinca, sebuah pulau kecil yang terletak dekat Pulau Komodo adalah bagian dari pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau Rinca juga memiliki populasi naga, tetapi tidak sebanyak di Pulau Komodo. Tetapi karena itu, pulau ini adalah tempat yang tepat untuk melihat komodo di habitat aslinya tanpa terganggu banyak orang yang sudah sibuk di Pulau Komodo.

Pulau Rinca Pantai Wisata Favorit Pulau Komodo
Photo via instagram @zll_the_re

5. Pulau Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km ² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar pulau Bunaken Taman Laut Bunaken ada bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Secara keseluruhan, Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulau, dan pulau Naen.

Pulau Bunaken Pantai Favorit Turis Asing

Taman Nasional Bunaken Spot Menyelam Paling Populer di Dunia

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan berbagai kedalaman sampai 1.344 meter. Dari 20 titik selam, menyelam 12 poin di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman adalah yang paling sering dikunjungi oleh penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

6. Pulau Bacan

Bacan Island adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Maluku, tepatnya di pulau barat daya dari Halmahera. Secara administratif, pulau Bacan masuk ke dalam wilayah Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Pulau ini merupakan bagian dari pembentukan gunung berapi, dan karenanya memiliki banyak sumber air panas yang berasal dari panas alami dari gunung berapi. Pulau Bacan menarik perhatian zoologi karena kaya akan spesies burung dan serangga.

Pulau Bacan Tempat wisata halmahera maluku
Photo via instagram @like_idtimur

7. Pulau Ambon

Pulau Ambon adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Maluku, di selatan Pulau Seram. Sebagian besar hutan hujan pulau yang tertutup dan merupakan bagian dari hutan hujan Seram eko-wilayah. Pulau Ambon memiliki berbagai spesies mamalia dan burung, serta kaya akan keanekaragaman spesies serangga, khususnya kupu-kupu. Ambon juga merupakan salah satu tempat menyelam favorit di Indonesia, meskipun airnya mengalir cukup cepat dan berat.

Raja Ampat Spot Menyelam Paling Populer di Dunia

Jalan-Jalan ke Taman Nasional Manusela Ambon 2
Photo via instagram @tnmanusela

8. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan ini terletak di provinsi Papua dan terdiri dari 1.500 pulau-pulau kecil yang mengelilingi empat pulau besar, yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Kepulauan ini memiliki Paradise Cape, yang merupakan taman laut terbesar di Indonesia.

Raja Ampat Pantai Favorit Turis Asing

Pesona Keindahan Bawah Laut Raja Ampat, Taman Laut Terbesar Didunia 3
Photo via instagram @lacasadelbuceador

Keragaman karang dan terumbu karang dan spesies laut lainnya di Raja Ampat membuat taman laut sangat dilindungi. Setidaknya 1.070 spesies ikan, 537 jenis karang dan 699 jenis moluska yang hidup di kepulauan ini. Raja Ampat adalah menyelam terbaik di Indonesia, belum lagi masih sangat tenang dan pulau-pulau dari industri akomodasi.

Tulisan oleh joevovich23

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

Please share this!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Yuk Lihat Lainnya...

Seminyak Village, Surga Belanja Untuk Wisatawan Di Bali
Daftar Obyek Wisata Seminyak Paling Populer 2022
Alila Seminyak, Pilihan Hotel Berbintang Dengan Fasilitas Lengkap
Kegiatan Seru Di Semarang Zoo Selain Melihat Kumpulan Satwa
Objek Wisata Kota Kuningan, Ada Apa Aja Sih?
Istana Siak, Ikon Penting Wisata Sejarah di Riau
Tempat Keren di Bogor Yang Kamu Harus Kunjungi
Eksotisme Pulau Menjangan, Sisi Lain Bali Yang Kaya Keindahan Bawah Laut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *