Pesona Indonesia

Viral Nepal Van Java Magelang yang Semakin Menarik Wisatawan

Viral Nepal Van Java Magelang
Photo via instagram @awaneko20

Destinasio – Magelang lebih terkenal dengan Candi Borobudur. Namun, sepertinya para wisatawan tidak lagi pergi ke kota yang berseberangan dengan Yogyakarta ini untuk hanya sekedar melihat candi, melainkan juga menikmati pesona Nepal Van Java Magelang. Ini salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sedang viral.

Sebagai mana Namanya, ini adalah tempat di mana penampilannya seperti di Nepal. Hanya saja, bukan di Kawasan Himalaya, melainkan di Kota Magelang. Berada di perbukitan, terdapat berbagai rumah susun cantik berwarna-warni. Di belakang area pemukiman tersebut, terdapat gunung menjulang tinggi. Inilah yang membuat para wisatawan menjulukinya sebagai Nepal Van Java.

Viral Nepal Van Java Magelang

Photo via instagram @awaneko

Yang Menarik dari Nepal Van Java

Tentu saja Anda sudah pernah melihat foto-foto indah pesona Nepal Van Java Magelang. Sudah banyak sekali yang berkunjung di sana. Dan mereka pasti tidak lupa mengabadikan dalam bentuk foto ataupun video. Foto dan video tersebut berseliweran di media sosial.

traveling ke nepal van java 2021

Photo via instagram @awaneko

Namun, tidak hanya suasana alam yang luar biasa saja yang menarik dari Nepal Van Java-nya Magelang ini. Jika Anda cukup tertantang, Anda bisa mendaki ke puncak desa atau ke gunung yang ada di sekitar desa tersebut. Akan tetapi, pastikan Anda membawa jaket yang tebal mengingat udara di sana sangat dingin. Terutama di sekitar bulan Juli hingga Agustus.

PEmandangan gunung nepal van java

Photo via instagram @sulistiyoraden14

Touring ke nepal van java

Photo via instagram @pendijabrik

Sekarang ini, masyarakat sudah sadar akan potensi alam di daerah tersebut. Makanya, mereka mulai membuka beberapa fasilitas, terutama tempat makan. Memang fasilitas tempat makan di tempat wisata yang satu ini belum bisa dikatakan representatif. Akan tetapi, Anda bisa menemukan tempat makan yang enak

Ada beberapa rumah yang didesain bertingkat di mana di lantai atas terbuka. Di sana, Anda bisa menikmati udara sejuk dan juga pemandangan keren sekitar sambil memesan goreng hangat, kopi khas Magelang, dan mie rebus. Hidangan tersebut cukup untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan akibat udara yang dingin di sana.

cara ke nepal van java

Photo via instagram @vivi.vm_

Agar Anda bisa mengabadikan momen di tempat wisata baru di Magelang ini, sebaiknya Anda membawa drone. Pasalnya, Nepal Van Java Magelang ini lebih menarik untuk dinikmati dari atas. Atau setidaknya Anda bawa kamera terbaik Anda lalu Anda bisa naik ke bagian paling puncak agar bisa melihat warna warni rumah di sana.

Cara Mencapai Nepal Van Java Magelang 

Lokasi Nepal Van Java ini berada di Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik. Sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Magelang. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. 

Sesampainya di sana, Anda hanya perlu menyiapkan uang parkir sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Tergantung jenis mobil yang Anda gunakan. Akan tetapi, sebaiknya gunakan mobil kecil seperti mobil SUV atau City Car yang masih fit kondisinya. Pasalnya, jalan menuju Nepal Van Java ini tidak terlalu besar. Selain itu, jalannya naik cukup tinggi sehingga Anda membutuhkan kendaraan yang masih dalam kondisi fit.

Waktu yang terbaik berkunjung di Nepal Van Java Magelang adalah di pagi hari di musim kemarau. Jika Anda ingin menikmati sunrise, memang ini bukan spot yang terbaik. Akan tetapi, Anda bisa melihat indahnya langit di saat sunrise di mana di bawahnya terdapat rumah warna-warni. 

sunrise gunung sumbing nepal van java

Photo via instagram @frhnwdyt_

Dan pastikan Anda datang di musim kemarau agar Anda bisa melihat panorama yang cerah. Sebaiknya hindari pergi ke tempat wisata ini di musim hujan karena Anda tidak akan bisa menikmati suasana dan keindahan Nepal Van Java sepenuhnya.

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *