AsiaJelajahUrbanWisata Alam

Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin

Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin 0
Photo via instagram @cruiseplannersofkc

Pernahkan Anda melihat film atau kartun yang bertemakan musim dingin? Pasti kamu akan membayangkan jika kamu berada dimusim tersebut. Melihat sekeliling dipenuhi dengan salju putih, bermain salju, dll. Pengalaman merasakan indahnya musim salju tentu merupakan kesempatan yang langka bagi kita yang hidup di iklim tropis. 

Jika ingin berlibur di negara 4 musim kamu tak perlu jauh-jauh ke Eropa, negara satu benua kita pun juga ada. China adalah salah satu dari negara yang memiliki 4 musim. Ada salah satu festival es dan salju yang diadakan di setiap tahunnya.

Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin
Photo via instagram @poppapzaaa

Adalah Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival atau biasa disebut festival es dan salju Harbin. Festival ini diadakan di setiap tahunnya pada musim dingin. Festival ini diadakan di kota Harbin, ibukota Heilojiang, timur laut Tiongkok. Jika kamu berlibur ke China maka jangan lewatkan festival yang satu ini, karena didalam festival tersebut banyak sekali landmark serta pertunjukkan musim dingin yang spektakuler.

Festival es dan salju Harbin pertama kali diadakan pada tahun 1986. Pada penyelenggaraannya pada tahun 2001 bertepatan juga pada festival ski internasional yang ke- 3. Mulai dari situlah naman festival ini menjadi festival internasional es dan salju Harbin.

Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin 1
Photo via instagram @ifitshipitshere
Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin 2
Photo via instagram @sianto2092
Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin 3
Photo via instagram @tahmor
Traveling Menikmati Festival Internasional Es dan Salju Harbin 4
Photo via instagram @grand_master_g

Fakta menarik dari festival internasional es dan salju harbin ini merupakan festival es terbesar didunia setelah sebelum bersanding dengan 4 festival es lainnya yaitu,  Festival Salju SapporoKarnaval Musim Dingin Kota Quebec, dan Festival Ski Norwegia

Bagaimana tidak festival ini menjadi yang terbesar, pada pertunjukkannya yang terakhir yaitu tanggal 5 januari- 5 februari 2019 yang lalu, festival ini digelar di area seluas 16.000 meter persegi. Selain menggunakan area yang luas, festival internasional es dan salju Harbin juga menggunakan 110.000 meter kubik es dan 120.000 meter kubik salju yang tersebar di 100 landmark dalam festival tersebut. Salah satu karya terbesar adalah patung Budha yang dibuat dengan 4.500 meter kubik es.

Patung Es Budha Festival Internasional Es dan Salju Harbin
Photo via instagram @devonlc77

Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival diadakan di 3 tempat yang berbeda.  Yang pertama adalah Sun Island Scenic Area. Area tersebut hanya memamerkan karya pahat dan seni yang hanya bisa dilihat di siang hari.

Kemudian yang kedua adalah The Ice and Snow World. Tempat menyajikan banyek sekali karya seni pahat es dengan ukuran yang raksasa, semisal istana, tembok besar, dll dan bakan Anda juga bisa berjalan diatasnya. Waktu yang terbaik mengunjungi kawasan ini adalah dimalam hari karena diwaktu inilah pertunjukkan lampu 3 dimensi yang begitu spektakuler diadakan.

Traveling ke China Festival Internasional Es dan Salju Harbin 1
Photo via instagram @indonesiatatler
Traveling ke China Festival Internasional Es dan Salju Harbin 1
Photo via instagram @krit14ritta
Traveling ke China Festival Internasional Es dan Salju Harbin 2
Photo via instagram @ys_0113
Traveling ke China Festival Internasional Es dan Salju Harbin 3
Photo via instagram @matti.di_bi

Tempat yang terakhir adalah Zhaolin Park. Di kawasan ini terdapat 1000 lebih macam karya pahat yang dipamerkan, misalnya tokoh- tokoh kartun dan hewan yang tentunya akan membuat anak- anak senang sekali, sebab kawasan ini memang ditujukkan untuk anak- anak.Pertunjukkan es ini menunjukkan bahwa semua potensi alam dan musim yang ada ternyata bisa dimanfaatkan menjadi kawasan huburan yang menyenangkan dan yang paling penting tak perlu mengeluarkan banyak biaya karena semua bahannya dari alam.

—–

Terhubung dengan @destinasiomag
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Asia