TulisanPesona Indonesia

4 Tips Persiapan Berwisata ke Gunung Bromo

4 Tips Persiapan Berwisata Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu obyek wisata favorit di Jawa Timur. Keindahan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger ini memang tiada duanya. Jika Anda tertarik untuk menyaksikan sendiri keindahan tersebut dan sedang mempersiapkan perjalanan wisata untuk pertama kalinya ke Gunung Bromo, berikut persiapan yang perlu Anda lakukan :

1. Pilih dan tentukan waktu yang tepat

Jika Anda berencana berwisata ke Gunung Bromo, sebaiknya Anda memilih musim kemarau karena kemungkinan Anda dapat menyaksikan matahari terbit lebih besar. Pada musim hujan seringkali awan tebal menutupi matahari terbit sehingga Anda tidak akan mendapatkan matahari bulat kemerahan yang baru beranjak dari peraduannya.

2. Persiapkan fisik Anda.

Walaupun berwisata ke Bromo bukanlah wisata adventure yang ekstrem seperti mendaki gunung, namun persiapan fisik sangat diperlukan untuk menghadapi cuaca yang dingin dan menaiki sekitar 250 anak tangga untuk melihat kawah Gunung Bromo. Dengan fisik/tubuh yang fit, tubuh Anda tidak akan mudah drop menghadapi perubahan cuaca. Apalagi kalau Anda memilih untuk menggunakan sepeda motor, tubuh yang fit adalah suatu keharusan.

3. Pesan akomodasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Jika Anda berancana menginap di Bromo, pesan hotel/penginapan jauh-jauh hari, apalagi Anda berencana untuk berwisata ke Gunung Bromo pada akhir pekan. Selain penginapan, Anda juga harus memesan Jeep (mobil off road yang akan dipakai untuk mengeksplorasi Gunung Bromo). Memesan Jeep pada saat Anda baru sampai di lokasi akan merepotkan Anda, selain itu harga juga menjadi lebih mahal.

4. Siapkan perlengkapan pribadi.

Beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan antara lain :

  • Jaket tebal, syal, kaos kaki, sepatu dan sarung tangan untuk mengurangi hawa dingin.
  • Baju dan celana ganti. Walaupun Anda hanya melakukan perjalanan sehari, sebaiknya Anda membawa pakaian ganti. Baju yang kotor oleh debu akan mengurangi kenyamanan Anda saat perjalanan pulang.
  • Masker penutup mulut dan hidung yang akan berguna saat Anda ke kawah Bromo. Lokasi yang berpasir dan berdebu akan sangat mengganggu apabila Anda tidak memakai masker.
  • Topi ala Ratu Ellisabeth untuk menutupi wajah Anda dari sinar matahari. Penggunaan Sun block juga dapat mengurangi kulit terbakar.
  • Kamera, tripod, baterai cadangan, memory card kapasitas besar + cadangan. Pemandangan yang indah mempesona akan membuat Anda tidak bosan-bosan untuk menjepret kiri-kanan, depan-belakang karena kemanapun Anda memandang memang luar biasa. Jangan sampai belum setengah perjalanan baterai kamera habis atau memory Anda penuh sehingga Anda melewatkan pemandangan nan indah itu dari jepretan kamera Anda.
  • Makanan ringan, minuman, dan camilan lainnya. Menunggu matahari terbit sambil duduk bercanda ria bersama rekan-rekan Anda sambil menikmati camilan dan minuman hangat akan mengurangi cuaca dingin di Penanjakan.

Bagaimana kalau lupa bawa perlengkapan? Anda bisa menyewa jaket, membeli kaos kaki sarung tangan, masket, dll tapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal dibandingkan di warung di sebelah ruman Anda.

4 Tips Persiapan Berwisata Gunung Bromo

Tulisan oleh dealkamar 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tulisan