The Lounge

4 Tips Memilih Hotel Murah dan Nyaman Saat Berwisata

4 Tips Memilih Hotel Murah dan Nyaman Saat Berwisata

Hotel merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan Anda saat berwisata. Jika Anda memiliki hotel yang nyaman, Anda bisa istirahat dengan tenang di malam hari, sehingga siang berikutnya tubuh Anda akan cukup segar untuk mengeksplorasi obyek wisata yang Anda kunjungi. Tapi sebaliknya, jika hotel yang Anda pilih tidak nyaman maka perjalanan Anda di hari berikutnya dapat terganggu. Untuk mendapatkan hotel murah dan nyaman, ikuti tips-tips berikut :

1. Lokasi hotel

Sebaiknya Anda memilih lokasi yang dekat banyak tempat makan atau pertimbangkan juga hotel murah yang berlokasi dekat dengan obyek wisata utama yang ingin Anda kunjungi. Jika Anda menginap ditempat yang jauh dari tempat makan atau obyek wisata utama, Anda akan boros biaya transportasi. Bisa jadi harga hotel terlihat lebih murah namun karena lokasinya jauh, pada akhirnya Anda akan semakin capek dan menjadi lebih boros.

2. Fasilitas Hotel

Pilihlah hotel murah yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menikmati obyek wisata di luar hotel dan hotel hanya sebagai tempat Anda manaruh barang dan tidur maka pilihlah hotel budget yaitu hotel yang hanya menawarkan kebutuhan dasar wisatawan seperti tidur dan mandi. *Dalam kondisi ini jangan pilih hotel yang menawarkan berbagai fasilitas. Ingat, semua fasilitas yang Anda dapatkan memiliki korelasi dengan uang yang Anda harus bayarkan.

Jangan sampai Anda keluar uang untuk sesuatu yang tidak dapat Anda nikmati. Sebaliknya, jika Anda sedang honeymoon dan menghabiskan lebih banyak waktu di hotel maka hotel dengan fasilitas dan service yang lengkap layak menjadi pilihan. Beberapa villa di Bali memiliki honeymoon package yang siap memperlakukan Anda layaknya Duke and Duchess of Cambridge.

3. Harga

Kalau masalah harga pasti semua setuju untuk memilih hotel dengan harga yang lebih murah (asumsi kualitas dan fasilitas sama). Ada 2 cara untuk mendapatkan hotel dengan harga yang murah. Cara pertama (cocok untuk keluarga) adalah dengan cara booking melalui travel agent yang besar. Hal ini bisa terjadi karena travel agent yang besar bisa menekan pemilik hotel untuk memberikan contract rate yang lebih murah.

Misalnya Anda datang/tanya langsung ke hotel bintang 4 di Kuta, mungkin Anda akan ditawari harga Rp 1 juta/malam belum termasuk tax + services 21%, tapi kalau Anda booking lewat travel agent, Anda mungkin bisa dapat harga Rp 700 ribu, net! padahal harga Rp 700 ribu itu sudah termasuk keuntungan travel agent. Memang perhitungannya seperti tidak masuk akal, tapi itu terjadi.

Cara kedua (cocok untuk backpacker) karena kalau Anda tidak dapat hotel, Anda harus siap tidur di ruang tunggu di Bandara. Cara ini adalah dengan memesan hotel melalui online travel agent (maaf tidak menyebut merk). Banyak pemilik hotel menawarkan harga last minute (diberikan khusus untuk pemesanan pada hari yang sama) dengan diskon besar. Pertimbangannya, daripada kamar kosong, lebih baik didiskon, lumayan menutupi biaya listrik.

4. Jangan lupa lihat review

Sebelum memesan hotel murah, baik melalui travel agent konvensional ataupun online travel agent, sebaiknya Anda melihat review hotel yang akan Anda pilih. Salah satu review online yang populer adalah Tripadvisor. Selain itu, beberapa online travel agent juga memiliki review dan komentar dari orang-orang yang sudah pernah menginap sebelumnya.

Tulisan oleh dealkamar

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Lounge