The LoungeTulisan

8 Tips Aman Bepergian Ke Luar Negeri

8 Tips Aman Bepergian Ke Luar Negeri

Sebelum bepergian ke luar negeri sebaiknya Anda melakukan sedikit penelitian atau riset kecil tentang negara dan wilayah yang akan Anda kunjungi, tidak perlu harus detail. Tapi cukup dengan melakukan pencarian di internet atau beberapa buku pustaka Anda. Sehingga Anda akan tahu resiko tertentu yang di hadapi.

Berikut ini adalah 8 tips aman bepergian ke luar negeri:

1. Mengenal hukum dan prinsip-prinsip suatu daerah

Hal ini akan sangat membantu Anda jikaberada dalam kondisi yang sulit, menghadapi masalah tertentu. Sudah seharusnya sebagai pendatang Anda yang harus tahu sekilas tentang hukum lokal dan mematuhi nilai-nilai mereka. Untuk negara-negara tertentu seperti Amerika dan beberapa Negara Eropa, mereka punya peta wilayah dan kawsan yang rawan Bukan berarti Anda terlalu terfokus dan khawatir pada hal ini. Daftarkan keberadaan Anda pada kantor Kedutaan Besar atau berada di daerah yang sangat berbahaya.

2. Pakaian yang tepat

Model pakaian dan assesoris yang sangat mencolok hanya akan membuat Anda jadi pusat perhatian dan akan terlihat sebagai orang asing. Oleh sebab itu cobalah mengenali pola dan cara orang stempat berpakaian, sehingga secara tidak langsung, Anda sudah mencoba untuk berbaur dengan budaya setempat.

3. Akomodasi yang aman

Berhati-hatilah ketika memilih hotel Anda dan penyedia transpotasi. Mencari informasi hotel-hotel yang sudah terkenal di negara tersebut sangat dianjurkan sebelum bepergian kesana, selain Anda sudah punya informasi awal tentang hotel tersebut, Anda juga bisa menilai tingkat profesionalisme layanan mereka.

4. Jangan bawa banyak perhiasan

Bila niatnya bepergian ingin berlibur dan jalan-jalan, sebaiknya Anda tidak perlu membawa semua koleksi perhiasan Anda. Namun bila Anda membawa banyak perhiasan, barang berharga, mintalah safety box , agar apabila Anda meninggalkan barang-barang tersebut, barang tetap aman. Jangan menarik perhatian, hindari memakai perhiasan yang mencolok dan usahakan jangan menampilkan uang dalam jumlah besar.

5. Usahakan tidak berjalan sendirian

Berjalan-jalan sendirian untuk sebagian orang punya kenikmatan tersendiri, namun untuk wilayah yang baru Anda kenal, usahakan bepergian dengan membawa teman. Sebagai orang baru pastinya Anda tidak perlu menelungsuri lorong gang sempit. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari bahaya.

6. Jaga barang bawaan

Berhati-hatilah bila Anda diminta untuk menjual atau menukarkan barang-barang pribadi Anda. Banyak negara memiliki batasan pada item asing dapat diperjual belikan. Tentu Anda tidak ingin masuk ke dalam masalah serius sebab melanggar hukum.

7. Jangan terima hadiah dari orang tidak dikenal

Jangan pernah menerima hadiah atau paket dari orang yang tidak Anda kenal. Tahu hukum tentang pertukaran uang, nilai tukar dan tmpat-tempat resmi penukaran uang Anda. Hanya menggunakan fasilitas tukar resmi karena ini adalah daerah lain yang bisa saja terjadi penipuan atau pola kejahatan laiinnya.

8. Awas copet

Walaupun Anda berada di negara yang maju seperti secara ekonomi, namun jangan Anda fikir Anda akan terhindar dari pencopet. Sebab hal ini adalah penyakit kota besar yang ada dimana-mana. Ini bberapa trik untuk menghindari copet :
  • Jangan bepergian di gang-gang sempit atau jalan-jalan yang temaram.
  • Bila mungkin, hindarilah kerumunan orang disekitar Anda
  • Membawa dompet dummy dan mnaruh uang Ana di saku pan Anda.
  • Karet gelang di dompet, itu mempersulit dompet keluar dari saku Anda(dicopet).
  • Coba membawa tas Anda di bawah lengan atau disandang dibawah lengan.

Tulisan oleh dmzsllucntakm 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Lounge