Pesona IndonesiaTulisanUncategorized

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas, Banyak Yang Tidak Tahu Keindahannya

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas 2
Photo via instagram @birdpacker

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas gitetapkan sebagai taman wisata berdasarkan SK Mentan No. 423/Kpts/Um/7/ 1979 tanggal 5-7-1979 dengan luas 1.250 Ha.

Menurut administrasi pemerintahan termasuk Kecamatan Cimalaka, Paseh, Conggeang, Buahdua dan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Gunung Tampomas adalah sebuah gunung yang utuh terdapat di Wilayah Kabupaten Sumedang. Tofografi kawasan TWA ini bergunung-gunung dengan ketinggian antara 625 – 1.684 mdpl.

Vegetasi kawasan ini termasuk tipe hutan hujan pegunungan floranya terdiri dari beraneka ragam jenis pohon berkayu serta jenis-jenis dari golongan liana dan epiphyte. Flora yang mendominasi kawasan ini adalah Jamuju (Podocaipus imbricatus), Rasamala (Altingia excelsa) dan Saninten (Castanea argentea).

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas 1

Photo via instagram @dekazemaid

Gunung yang Kaya oleh Bonsai, dan di jarah tanpa ditanam, bersyukur bahwa di bagian utara gunung yaitu di daerah antara Conggeang dan Buahdua masih terpelihara, sedangkan dibagian selatan telah rusak oleh adanya galian pasir.

Satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah Kancil (Tragullus javanicus), Babi Hutan (Sus vitatus), Lutung (Trachypfthecus auratus), Harimau Jawa, Harimau Kumbang, Harimau Tutul, Meong Congkok dan Elang Jawa (Spizaetus bartelsi). Badak jawa juga diduga pernah hidup di kawasan gunung Tampomas, cuman sayang Sekarang binatang – binatang itu hanya cerita dari orang tua – orang tua dulu.

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas 2

Photo via instagram @birdpacker

Potensi Taman Wisata Alam Gunung Tampomas

Obyek wisata yang menarik di kawasan Gunung Tampomas yaitu Puncak Gunung Tampomas (Sangiang Taraje) dengan ketinggian ± 1.684 mdpl dan puncaknya merupakan areal terbuka seluas ± 1 Ha. Lokasi ini memiliki nilai estetika tinggi karena dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah ke arah Sumedang dan sekitamya
adanya lubang-lubang bekas kawah dan batu-batu besar berwama hitam menambah kekayaan imajinasi bagi yang melihatnya.

Taman Wisata Alam Gunung Tampomas 3

Photo via instagram @silvianrlgina

Di puncang Gunung Tampomas terdapat Makam Keramat yang terletak ± 300 m kearah utara puncak Sangiang Taraje, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pasarean dan pada bulan – bulan tertentu tempat ini ramai didatangi para pejiarah dari daerah sekitaran Sumedang.

Gunung Tampomas memang tidak setenar gunung-gunung lainnya di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Misteri Gunung Tampomas tidak dapat dipisahkan dengan adanya Makam Keramat dan peninggalan Tapak (bekas) kakinya Prabu Siliwangi. Di Lereng Tampomas juga ditemukan Batu bergambar, Pecahan Arca, Pagar Batu, Piramida Kecil, dan Patung Ganesha yang ditemukan oleh tim peneliti dari Yayasan Padaringan Situs Purbakala tersebut di temukan di timur lereng Gunung Tampomas di sekitaran Ciputrawangi, Leuweung Candi, Puncak Narimbang, Batu Lawang, Sawah Kalapa, Puncak Manik dan Blok Cibenteng

Batu Kasur yang konon merupakan tempat tidurnya Prabu Siliwangi dan Batu Padaringan yang konon di pakai tempat persembahan atau tempat musyawarah ini membuktikan bahwa kawasan Gunung Tampomas kaya akan keindahan alam, cagar budaya serta sejarah dari keraja’an Pajajaran.

Tulisan oleh kur1n6 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *