EduwisataEropaExplore

Seluk – Beluk Tentang Keunikan Yunani dan Destinasi Wisata Terpopuler

Seluk - Beluk Tentang Keunikan Yunani

Destinasio – Seluk beluk tentang keunikan Yunani yang menarik untuk diketahui. Orang Yunani menyebut negara mereka Hellas, dan dalam lafaz modern disebut Ellas. Dalam bahasa sehari-hari bentuk Ellada dipakai. Nama Greece dalam bahasa Inggris dan bentuk-bentuk yang mirip dalam beberapa bahasa Eropa lainnya, diambil dari nama dalam bahasa Latin, Graecia, yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang terletak di sebelah utara Yunani, dan dihuni oleh orang Graekos. Dalam bahasa Indonesia juga dikenal istilah Gerika, terutama bahasa Gerika untuk menyebut bahasa Yunani, yang diturunkan dari kata tersebut.

Yunani (bahasa Yunani modern: Ελλάδα [Elláda], historis: Ελλάς [Ellás]; bahasa Inggris: Greece), secara resmi bernama Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia; bahasa Indonesia: Republik Yunani), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan/tenggara, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah (Mediterania). Yunani memiliki sejarah panjang dan kaya selama yang membawa pengaruh budaya besar pada tiga benua. Yunani adalah negara maju dengan indeks pembangunan pendapatan per kapita yang tinggi dan sangat tinggi.

Sedangkan etimologi kata Yunani dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab, yang pada gilirannya mengambil dari nama Ionia. Ionia adalah pesisir barat negara yang sekarang disebut Turki.

Seluk - Beluk Tentang Keunikan Yunani 2

Sistem Ekonomi Yunani

Yunani memiliki sebuah ekonomi kapitalis campuran dengan sektor publik menyumbang sekitar setengah dari PDB. Pariwisata memiliki peranan penting, menyediakan porsi besar dari GDP dan pendapatan dari pertukaran mata uang asing. Yunani juga merupakan pemimpin dunia dalam perkapalan (pertama dalam kepemilikan kapan dan ketiga dalam registrasi bendera). Ekspor dari barang produksi, termasuk telekomunikasi, perangkat lunak dan keras, bahan makanan, dan bahan bakar menjadi bagian besar dalam pemasukan Yunani.

Bank of Greece, sekarang sebuah anak perusahaan dari European Central Bank, berfungsi sebagai bank sentral negara. Bank ini tidak sama dengan National Bank of Greece, sebuah bank komersial.

Sistem Ekonomi Yunani

Keunikan Yunani – Demografi Penduduk

Jumlah imigran yang menetap di Yunani saat ini diperkirakan mencapai lebih dari satu juta jiwa. Sebanyak 65% datang dari Albania yang mengundang konflik karena perbatasan Yunani-Albania dibuka tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Yunani. Orang Albania seringkali dilecehkan dan dieksploitasi di Yunani. Belakangan ini mereka juga mendapat reputasi sebagai pembuat onar dan pelaku tindak kejahatan terbanyak. Akan tetapi, saat ini banyak orang Yunani yang mau mengakui kontribusi mereka kepada perekonomian negara.

Yuk lihat :   Edinburgh Castle, Bangunan yang Menyimpan Kisah Panjang Sejarah

Selain dari Albania, ada sejumlah kecil imigran yang berasal dari Bulgaria, Serbia, Rumania, Pakistan, Ukraina, Belarusia, Polandia, Mesir, Palestina, Etiopia, Bangladesh, Cina, dan Georgia. Jumlah pastinya tidak diketahui karena kebanyakan menetap secara ilegal. Orang-orang dari daerah tersebut sekarang ini sekitar 10% dari populasi total.

Agama Penduduk Yunani

Orang-orang bangsa Yunani kuno dahulu menganut sifat Politeisme yaitu menyembah banyak dewa. Pengaruh agama Yunani kuno meluas pula sampai di luar Yunani. Banyak orang Yunani kuno yang menyembah dewa dan dewi seperti Zeus, Poseidon, Hades, Apollo, Artemis, Afrodit, Ares, Dionisos, Hefaistos, Athena, Hermes, Demeter, Hestia dan Hera. Masing-masing dewa/dewi mengendalikan berbagai unsur dunia dan kehidupan. Sekarang ajaran-ajaran politeisme itu telah lama di tinggalkan.

Agama Penduduk Yunani

Sekarang Konstitusi Yunani menjamin kebebasan mutlak dalam beragama.Yunani juga menyatakan bahwa setiap orang yang tinggal di wilayah Yunani akan menikmati perlindungan penuh akan kepercayaan mereka. Walaupun demikian, tidak ada rumah ibadah non-Kristen yang dapat ditemukan di Athena karena pendirian tempat ibadah agama lain ditentang oleh kalangan Kristen fundamentalis.

Sebagai tambahan, setiap aktivitas yang berhubungan dengan pembangunan rumah ibadah resmi harus disetujui terlebih dahulu oleh Gereja Ortodoks. Nyatanya, agama mayoritas di Yunani adalah Gereja Ortodoks Timur (94%).

Bahasa Gerika (Ellenika)

Bahasa Yunani atau Bahasa Gerika atau dalam bahasa aslinya disebut Ellenika merupakan anak cabang tersendiri dalam rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa ini telah bertahan selama lebih dari ribuan tahun dan telah dituliskan selama kurang lebih 3500 tahun. Bahasa Yunani juga dianggap sebagai salah satu bahasa tua yang masih bertahan hingga kini dengan jumlah kosakata kurang lebih 600.000 kata. Saat ini bahasa Yunani terutama dipertuturkan oleh bangsa Yunani di Yunani dan Siprus.

Seluk - Beluk Tentang Keunikan Yunani

Destinasi Traveling Terfavorit di Yunani

Selain kaya akan sisi historis nya, salah satu keunikan Yunani juga sangat populer sebagai destinasi wisata favorit untuk liburan ke Eropa, beberapa tempat yang harus dikunjungi adalah :

Acropolis, Athena

Dianggap sebagai simbol Athena, Yunani, dan peradaban Barat, Acropolis adalah gundukan berbatu yang menjulang di jantung Kota Athena, dimahkotai oleh tiga kuil megah yang berasal dari abad ke-5 SM. Yang paling terkenal dan paling khas adalah Parthenon, awalnya terdiri dari 58 kolom yang mendukung atap dan dihiasi oleh pedimen hiasan dan frieze.

Yuk lihat :   Kastil Drachenfels Konigswinter, Kastil Mewah Bersejarah di Jerman!

Acropolis Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Santorini

Salah satu destinasi terkenal di Yunani adalah Pulau Santorini, pulau ini sebenarnya merupakan bundaran gunung berapi di laut Aegea, yang berjarak 200 km dari daratan Yunani. Nah, sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa dulunya pulau ini sangat luas, namun pulau Santorini menjadi kecil semenjak letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu.

Traveling ke Pulau Santorini terkenal dengan keju dan industri wine nya. Namun, tahukah kamu jika pulau ini dikenal juga sebagai pulau teromantis. Hal ini disebabkan oleh pemandangan yang sangat indah di pulau tersebut, ketika kamu memandang ke pulau Santorini akan melihat rumah-rumah bak lautan yang didominasi warna putih biru. Selain itu, dikarenakan pulau ini merupakan pulau vulkanik, sehingga pulau ini memiliki pantai dengan 3 warna, yaitu putih, hitam dan merah. Kemudian hal yang paling romantis adalah pemandangan laut disore hari melihat sunset menjadikan sensasi liburan kamu semakin intim.

Santorini Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Mykonos

Berpredikat sebagai pula paling glamor di Yunani adalah Mykonos, dimana kegiatan setelah petang berpusat di Mykonos Town. Terkenal dengan hotel butiknya yang chic, restoran seafood berkelas, dan adapula tempat musik live. Atraksi lainnya termasuk Paraportiani (sebuah gereja bercat putih di Kota Mykonos) dan banyak pantai berpasir di sepanjang pantai selatan pulau (biasa ditempuh dengan bus dan taksi-perahu dari Mykonos Town). Pulau ini sangat populer di kalangan selebriti internasional. Mykonos memiliki bandara yang terhubung dengan feri ke pelabuhan Athena, Piraeus, dan Rafina.

Mykonos Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Mykonos Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Metéora Monasteries

Salah satu hal yang paling tidak biasa untuk dilihat di Yunani adalah Thessaly Plain, di mana bebatuan raksasa yang aneh dibatasi oleh biara-biara Metéora yang berusia berabad-abad. Dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, enam wihara terbuka untuk umum. Kamu perlu menaiki beberapa tangga batu yang diukir di bebatuan untuk mencapai setiap biara, dan di dalamnya, kamu akan menemukan lilin berkedip-kedip, ikon agama, lukisan dinding Bizantium, dan dupa yang terbakar.

Jam buka bervariasi, dan untuk melihat keenam biara, kamu perlu menghabiskan setidaknya satu hari di daerah tersebut. Kota terdekat adalah Kalambaka.

Metéora Monasteries Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Metéora Monasteries Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani 1

Rhodes Town

Terletak di Laut Aegea, dekat dengan Turki, Rhodes adalah yang terbesar dari pulau-pulau Dodecanese. Kota Rhodes yang terdaftar di UNESCO sebagai salah satu tujuan wisata utama Yunani. Kota ini seperti tertutup oleh benteng yang mengesankan, termasuk menara monumental dan gerbang yang dibangun oleh Ksatria St John setelah mereka mengambil alih pulau pada abad ke-14.

Yuk lihat :   Budha Tian Tan, Wisata Patung Budha Raksasa dari Hongkong

Jalan-jalan berbatu bebas mobil di kota tua adalah hal yang paling menyenangkan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Tempat-tempat wisata terdekat kota Rhodes diantaranya kota pesisir lereng bukit Lindos yang cantik, dan Marmaris di pantai Turki, yang dapat dikunjungi dengan perahu wisata. Rhodes dapat dicapai melalui  bandara, serta feri reguler dari pelabuhan Athena, Piraeus.

Rhodes Town Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Rhodes Town Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Samaria Gorge

Terletak di pulau Kreta, Ngarai Samaria adalah daya tarik utama bagi pecinta alam khususnya bagi kamu yang suka hiking. Dengan panjang 16 kilometer dan, pada titik tersempitnya, hanya selebar empat meter, membentang dari Omalos (1.250 meter) di Pegunungan Putih hingga Agia Roumeli, di Laut Libya.

Dibutuhkan lima hingga tujuh jam untuk berjalan. Hal ini curam di bagian dan berbatu, sehingga kamu harus cukup fit, memakai sepatu hiking dan membawa banyak air. Ngarai ini terletak di dalam Taman Nasional Samaria, dan masuk dalam daftar tentatif UNESCO. Selama musim panas, tur berangkat dari Chania dan Réthymnon.

Samaria Gorge Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani

Photo via greece-is.com

Thessaloniki

Menghadap ke Laut Aegea di Yunani utara, Thessaloniki (Salonica) adalah kota terbesar kedua di negara ini setelah Athena. Didirikan pada tahun 316 SM karena posisinya dekat dengan Bulgaria dan Turki, selalu menjadi titik temu dari berbagai budaya dan agama. Atraksi wisata utamanya adalah gereja Bizantium yang terdaftar di UNESCO, tetapi ada juga beberapa monumen Romawi (termasuk Triumphal Arch of Galerius dan Rotunda abad ke-4), White Tower abad ke-15 di tepi laut, dan Museum Bizantium yang sangat megah.

thessaloniki Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani 2

Photo via instagram greeka.com

Nafplio

Sering disebut sebagai kota paling indah di Yunani, Nafplio adalah tujuan akhir pekan yang populer bagi orang-orang Athena. Dibangun di atas semenanjung kecil di pantai timur Peloponnese, kota ini menjadi ibukota pertama Yunani modern pada tahun 1828 sebelum Athena mengambil alih pada tahun 1834. Kota tua bebas mobil ini dipenuhi dengan rumah-rumah Neoklasik dan gereja-gereja megah dan dilindungi oleh Benteng Palamidi abad ke-18. Tempat-tempat wisata terdekat termasuk Tiryns, Teater Epidaurus, dan Ancient Corinth.

nafplion Destinasi Travel Wisata Favorit Yunani 1

Photo via greeka.com

Referensi:

Thread justenidiot
Planetware

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

More in Eduwisata

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *