Makan Dimana?

Selain Asinan, Ini Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner Bogor Cungkring Asinan Toge Goreng Doclang Sate Sumsum

Destinasio – Bogor semakin terkenal karena berbagai destinasi wisata menariknya yang tak hanya wisata alam namun juga kulinernya. Itulah yang kemudian membuat banyak orang dari berbagai daerah mengenal wisata kuliner Bogor. Bahkan, tidak jarang orang yang ke Bogor hanya karena kangen makanan khas dari kota tersebut.

Jika kamu berwisata di Bogor, kamu harus tahu list makanan apa saja yang harus kamu coba. kamu tidak perlu khawatir karena harga makanan di Bogor sangat ramah di kantong.

5 Makanan Unik dari Kota Bogor 

Karena banyaknya wisatawan yang datang ke Bogor, kini tidak sulit menemukan tempat yang menawarkan berbagai macam makanan. kamu bisa mendatangi satu tempat untuk wisata kuliner Bogor. Beberapa makanan khas Bogor yang paling direkomnedasikan para wisatawan adalah sebagai berikut:

1. Doclang

Pernah makan kupat tahu dari Magelang? Sekilas Doclang ini mirip kupat tahu. Hanya saja, di Doclang ini ada kentang goreng dan pesor. Yang istimewa adalah pesor. Sebenarnya, ini ketupat atau lontong. Namun, berbeda dengan ketupat lainnya. Pesor ini lontong yang dibungkus dengan daun yang ada di Gunug Salak.

Wisata Kuliner Bogor Doclang

Photo via instagram @janganngomel_mendingngemil

Jadi, dalam satu piring Doclang, ada pesor yang diiris ukuran sedang, tahu goreng, kentang goreng, serta telur rebus. Kemudian, semua bahan itu diberi bumbu kacang dan sediikit kecap. Di bagian atas, biasanya ditambah kerupuk.

2. Sate Sumsum

Suka dengan sate? Jika suka, coba sate yang satu ini. Ini berbeda dengan kebanyakan sate lainnya. Jika kebanyakan sate terbuat dari daging ayam atau daging sapi, sate sumsum ini terbuat dari bahan sumsum sapi yang dipotong kecil-kecil. Seperti biasa, sate dibakar di atas arang. Kemudian disajikan dengan bumbu kacang layaknya sate ayam Madura.

Wisata Kuliner Bogor Sate Sumsum

Photo via instagram @mhdharrysetyawan

Biasanya, ada juga menu lain yang ditawarkan di warung sate sumsum ini. Misalnya saja sate ginjal, sate hati, dan juga sate daging sapi biasa.

3. Toge Goreng 

Salah satu wisata kuliner Bogor yang banyak diburu di saat jam sarapan adalah toge goreng. Ini menu yang sangat sederhana. Bahan utamanya adalah toge yang digoreng setengah matang. Lalu, disajikan di atas piring dengan campuran potongan ketupat dan mie kuning. Lalu disiram dengan bumbu kacang. Bumbu inilah yang membedakan antara toge goreng dengan menu makanan lain yang terlihat seperti kupt tahu.

Wisata Kuliner Bogor Toge Goreng

Photo via instagram @depok24jam

4. Asinan Sedap

Asinan ini sebenarnya bukan asli dari Bogor melainkan dari keturunan Cina yang berada di Bogor. Ada dua jenis asinan yang bisa kamu coba. Yang pertama asinan sayur yang berisi kol, wortel, taoge, dan mentimun. Yang kedua sayuran buah yang biasanya berisi nanas, pepaya, ubi, dan bengkuang. Kemudian bahan tersebut disajikan di atas piring dan disiram dengan kuah khas yang rasanya asam dan pedas. Jika kamu melakukan wisata kuliner Bogor di siang hari, kamu bisa temukan menu ini dengan sangat mudah. 

Wisata Kuliner Bogor Asinan Sedap 1

Photo via instagram @mangkokasinan

Wisata Kuliner Bogor Asinan Sedap

Photo via instagram @dapur.papa.el

5. Cungkring 

Dari sekian banyak kuliner Bogor, cukring menjadi kuliner paling legendaris. Ini kuliner yang sangat kuno tapi masih disukai orang-orang sekarang. Ini makanan yang terbuat dari bahan utama berupa kaki sapi. Kaki sapi dimasak sampai empuk lalu disajikan dengan bumbu sate. 

Wisata Kuliner Bogor Cungkring 1

Photo via instagram @laviaeat

Nah, kira-kira mana menu makanan yang pingin kamu coba? Jika kamu punya waktu wisata kuliner Bogor, jangan pilih-pilih. Coba saja semuanya. kamu tidak akan kecewa. Dan tidak perlu khawatir dengan harganya. Karena semua menu kuliner tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat bersahabat.

—–

Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *