Pesona IndonesiaTulisan

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Yang Menjadi Icon Wisata Belitung

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 4
Photo via instagram @belitunglestari.tour

Bila menyebut wisata Belitung (kadang disebut juga dengan Belitong atau Biliton), tak lengkaplah rasanya bila tidak mengunjungi pulau Lengkuas yang terletak di barat laut pulau Belitung. Atau bila anda menghadap kearah utara dari pantai Tanjung Kelayang, letaknya diarah jam sepuluh, sekitar 300 derajat barat laut.

Pulau yang masih berada dalam kecamatan Sijuk ini sejatinya merupakan ikon pulau Belitung yang terkenal dengan negeri Laskar Pelangi nya.

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 4

Untuk mencapai pulau Lengkuas ini, bisa melalui desa Tanjung Kelayang maupun desa Tanjung Binga. Bila anda memilih desa Tanjung Kelayang sebagai starting point-nya, maka anda bisa mampir ke pulau Pasir, pulau Babi, pulau Burung, dan pulau Kelayang terlebih dahulu sebelum akhirnya ke pulau Lengkuas. Namun bila anda mengambil rute Tanjung Binga, maka anda bisa mampir ke pulau Litung dan pulau Semaju, sebelum akhirnya menuju pulau Lengkuas.

Pulau yang hak pengelolaannya ini masih menjadi tanggung jawab Departemen Perhubungan Pusat ini tidak terlalu luas, hanya sekitar 1 hektar saja, karenanya, melakukan kegiatan eksplorasi pulau hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Disekitar pulau Lengkuas terdapat beberapa pulau kecil yang bisa di datangi hanya dengan berjalan kaki, namun untuk bisa kesana, tentunya anda harus menunggu air laut surut terlebih dahulu. Ya, walaupun bisa didatangi dengan berjalan kaki, pulau-pulau kecil ini masih terpisah oleh air laut dengan kedalaman mencapai dada orang dewasa. Jaraknya pun hanya sekitar 30 meter dari bibir pantai pulau Lengkuas. Banyak pula fotografer yang mengambil foto mercusuar dari pulau kecil ini.

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 2

Photo via instagram @ed.shotzz

Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan dipulau lengkuas ini diantaranya yaitu, snorkling, memancing, mengelilingi pulau, naik ke mercusuar, dan ber-foto ria. Sunset dan sunrise pun bisa anda nikmati dari pulau ini, karena letaknya yang memang sedikit keluar, kearah laut Cina Selatan. Sehingga sunset dan sunrise tidak terhalangi oleh pulau-pulau lainnya.

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 1

Photo via instagram @lisoii

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 3Photo via instagram @nurull__hidayatt

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 5

Photo via instagram @indrawias87

Dipulau Lengkuas inilah berdiri sebuah mercusuar yang menjadi icon pulau Belitung. Mercusuar ini merupakan produk pabrikan Chance Brothers & Co yang terletak dekat kota Birmingham. Walaupun berkarat disana-sini, mercusuar yang dibuat pada tahun 1882 ini masih berdiri dengan kokohnya.

Pulau Lengkuas, Eks Penjara Icon Wisata Belitung 6

Photo via instagram @belitunglestari.tour

Untuk naik ke bagian atas mercusuar dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dan pada bagian ter-atas mercusuar ini terdapat lampu suar yang beroperasi mulai pukul17.00 sore hingga pukul 06.00 pagi. Dengan beberapa solar panel sebagai sumber listrik sekunder dan sebuah mesin genset yang digunakan sebagai sumber listrik utama.

Tulisan oleh kasbulatov

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *