Pesona IndonesiaTulisan

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 1
Photo via instagram @kiikokk

Keindahan dan popularitas Tanah Lot di Tabanan, Bali memang sudah tersohor ke penjuru dunia. Tapi tahukan Anda “Tanah Lot”-nya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tidak kalah indahnya?

Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan memang belum sepopuler Tanah Lot di Bali, tapi jangan diragukan keindahannya. Begitu sampai di Pantai Klayar, Anda akan disambut oleh bentangan pasir putih yang eksotis, lambaian daun pohon kelapa nan hijau dan karang-karang yang kokoh berdiri menahan kerasnya debur ombak khas pantai laut selatan.

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 3

Photo via instagram @edhitok_

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 1

Photo via instagram @kiikokk

Seolah memiliki kekuatan magic yang mampu menarik setiap pengunjung, walau tidak ada yang memandu, Anda pun akan melangkahkan kaki menuju karang tinggi yang menjorok sampai ke tengah lautan. Setelah mendekat dengan karang tinggi tersebut, Anda akan disapa oleh sebuah laguna yang jelita. Diapit 2 gugusan batu karang, laguna ini terlihat indah dengan gulungan ombak jernih yang menghantam dinding karang dan kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih. Laguna kecil ini memang mempesona dan membuat betah berlama-lama duduk santai memandangnya.

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 2

Photo via instagram @w.santiwl_

Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik. Batu-batu karang menjulang tinggi di sebelah timur laguna. Batu karang inilah yang dituju oleh hampir semua orang yang mengunjungi Pantai Klayar. Karang ini cukup unik, kalau diperhatikan mirip dengan bentuk Sphinx di Mesir.

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 4

Photo via instagram @derimaameisa_

Nah, keindahan karang perlu Anda eksplor dan Anda nikmati. Menjelajahi area karang di belakangnya, terlihat beberapa lubang kecil berisi air yang nampaknya menjadi rumah bagi kepiting-kepiting kecil. Nun jauh di sebelah kanan, nampak bukit karang dengan terowongan alami di bawahnya.

Fenomena alam luar biasa lainnya yang bisa Anda nikmati adalah seruling laut. Ada sebuah celah di batu karang ini, ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai seruling laut.

Belakangan, Pantai Klayar menjadi tempat wisata favorit remaja dan keluarga dari Jogja, Solo, Pacitan dan sekitarnya. Bagi Anda yang berasal dari luar kota-kota tersebut, ada baiknya Anda menginap di Pacitan sebelum mengunjungi Pantai Klayar.

Pantai Klayar, Tanah Lot ala Pacitan 5

Photo via instagram @_mhmmdrois

Untuk mencapi Pantai Klayar, Anda harus melalui jalan yang cukup menantang, Walau jarak Pantai Klayar hanya sekitar 45 km dari kota Pacitan, namun Anda mungkin membutuhkan waktu lebih dari 2 jam di perjalanan. Tanjakan dan turunan jalan, yang dipadu dengan tikungan tajam memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan mobil. Rute ini tidak disarankan untuk sopir yang baru belajar. Namun jangan khawatir, semua tantangan di jalan akan terbayar oleh indahnya Pantai Klayar, apalagi kalau Anda sempat menikmati sunset.

So, kapan Anda ke Pantai Klayar? (hanya mengingatkan, Pacitan merupakan kampung halamannya SBY loh).

Tulisan oleh dealkamar

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *