Pesona IndonesiaTulisan

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila, Pulau Lombok

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila Pulau Lombok 2
Photo via instagram @lanangrahadi15

Berwisata ke Pulau Lombok, NTB tentu tak lengkap rasanya bila tidak berkunjung menuju daerah Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani dengan sumber mata airnya, selain memberikan anugrah untuk rakyat setempat seperti menyajikan air bagi kebun serta memenuhi kebutuhan hidup tiap hari juga menyajikan pesona alam yang amat menyegarkan.

Wisata Terpopuler Lombok Gunung Rinjani

Photo via instagram @andicoilham_

Sumber mata air gunung Rinjani mendapat 3 air terjun yang amat luar biasa, yaitu air terjun Sendang Gila, Tiu Kelep dan Betara Lejang. Ketiga air terjun itu berada dalam kaki gunung Rinjani tempatnya pada desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. wilayah ketiganya bisa ditempuh pada kira-kira dua, lima jam melalui kota Mataram.

Air yang mengalir menelusuri celah-celah akar pohon-pohon yang besar juga mengalir tersebut sungguh menyajikan suasana damai yang menyegarkan jiwa. Anda pasti akan perhatian harap memperhatikan pesona yang disajikan oleh air terjun ini. Tapi sayangnya, hanya 2 air terjun saja yang bisa dilihat, ialah air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep.

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila Pulau Lombok 1

Photo via instagram @azuan_abdullah

Pemandu wisata sekitar tidak diperbolehkan pengunjung berkunjung ke air terjun Betara Lejang sebab memang cara menuju tempat itu terlalu rawan. Banyak pohon-pohon besar menghadang jalan. Selain itu demi memperhatikan air terjun Betara Lejang yang dikirakan tingginya satu kota 500 meter pengunjung diwajibkan menyiapkan tali tambang juga kekuatan mendaki tebing.

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila Pulau Lombok 4

Photo via instagram @silaq_belombok

Air terjun Sendang Gila atau yang sering dimaksud Sendang Gile tersebut merupakan air terjun pertama yang dapat didatangi pengunjung demikian masuk gerbang kawasan wisata desa Senaru. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung langsung disambut oleh anak tangga menurun yang banyaknya ratusan. Tindakan berkelok juga pemandangan puncak gunung Rinjani di sebelah selatan jadi pembuka pemandangan yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Seusai menuruni anak tangga sekitar 200 meter, daerah hutan tropis daratan rendah sejak menemani perjalanan yang menyegarkan tersebut.

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila Pulau Lombok 2

Photo via instagram @lanangrahadi15

Udara segar dan bersih menemani setiap langkah menuruni tangga. Melalui sana serta sejak kelihatan besarnya air terjun Sendang Gila yang menciptakan pengunjung berharap segera sampai juga merasakan keasrian Sendang Gila dari dekat.

Merasakan Kedamaian Disuguhi Air Terjun Sendang Gila Pulau Lombok 3

Photo via instagram @smiczel

Sekitar 15 m berjalan menuruni tangga tibalah pengunjung di Sendang Gile. Sendang Gila yaitu air terjun yang sangat tinggi dibedakan ke-2 air terjun lainnya. Air terjun setinggi 35 meter ini tentu saja memperoleh aliran air yang amat deras. Inilah sebabnya air terjun ini dimaksud Sendang Gila. Masyarakat sekitar mengibaratkan besarnya aliran air tersebut seperti singa gila yang menurunkan airnya secara membabi buta.

Air terjun yang memperoleh tiga tingkat batuan keras sebelum sampai tanah itu konon dipercaya oleh orang-orang sekitar mampu menyembuhkan penyakit rematik. Indah sekali bukan pesona wisata pulau Lombok.

Tulisan oleh donorudi2635

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *