Pesona IndonesiaTulisan

Jalan-jalan Menikmati Wisata Kota Madiun Yang Tak Kalah Keren

Air Terjun Kedung Malem Wisata Kota Madiun
Photo via instagram @ariwdy

Jalan-jalan menikmati wisata kota Madiun? Mungkin banyak yang belum tahu keberadaan kota Madiun ini. Kota Madiun terletak di Provinsi Jawa Timur, Madiun adalah kota yang terletak diperbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. secara singkat rutenya adalah Jakarta — Semarang — Solo — Madiun. Kali ini kami pengen ngasih info tentang wisata-wisata yang ada di Kota Madiun, agar menambah pengetahuan Anda yang suka bepergian atau backpacker.

Ini adalah destinasi wisata Kota Madiun yang wajib dikunjungi karena berbeda dengan wisata favorit di kota-kota lainnya.

Monumen Kresek (Monumen PKI)

Monumen Kresek dibangun untuk mengenang Peristiwa pemberontakan PKI di Madiun. Lokasi peninggalan sejarah ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektare. Letaknya berada 15 km ke arah timur dari Kota Madiun dan terdiri dari monumen serta relief peninggalan sejarah tentang keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. Fasilitas wisata yang ada di tempat ini, lain, pendopo tempat istirahat, taman bunga, dan dilengkapi pula areal parkir.

Monumen Kresek Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @inayatusshalihafajrin97

Wana Wisata Grape

Lokasi Taman rekreasi ditepi hutan ini merupakan wilayah KPH Madiun dengan luas 1,5 Ha, Fasilitas yang ada mainan anak, hall untuk pertemuan, trek sepeda dan Hutan Wisata. Sangat menyenangkan untuk bersantai menikmati akhir pekan bersama keluarga.
Wana Wisata Grape Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @septiervi

Situs Punden Lambang Kuning

Situs Punden Lambang Kuning berlokasi di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun Jawa timur, tepatnya berjarak 5 km arah timur laut dari kota Madiun. Diperkirakan Situs ini peninggalan dari jaman Hindu Jawa, Adat istiadat jawa Hindu memang masih kental mewarnai penduduk desa ini, Walau mayoritas masyarakat bergama Islam, akan tetapi ritual kebudayaan leluhur mereka tidak bisa dinggalkan begitu saja.
Sebagai ikon budaya wisata Kota Madiun, disini setiap tahun di bulan Suro atau Muharam warga desa mengadakan Bersihan atau Bersih Desa. Biasanya digelar pertunjukan Wayang Kulit pada malam hari, Kesenian Reog dan Langen Beksan sejenis Tayub pada siang harinya. Warga desa berduyun duyun membawa nasi tumpeng untuk selamatan sebagai wujud Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keselamatan, panen hasil bumi, dan terhindarnya warga dari bencana dan wabah penyakit.
Situs Punden Lambang Kuning Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @inos72

Air Terjun Seweru / Kedung Malem

Lokasi air terjun ini terletak di Dusun Seweru Desa Kare Kec.Kare di wilayah perkebunan kopi Kandangan, berjarak 15 Km ke Timur dari kota Madiun dengan luas obyek wisata 6 Ha dilereng Gunung Wilis yang keadaannya masih sangat Asri.
Air Terjun Kedung Malem Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @ariwdy

Masjid Sewulan

Masjid Sewulan yang berada di Desa Sewulan, Kec. Dagangan, Kab.Madiun, sekitar 6 km arah selatan dari Kota Madiun merupakan masjid yang didirikan oleh Raden Mas Bagus Harun (Kiai Ageng Basyariyah). Masjid yang juga sering disebut dengan Masjid Basyariyah ini didirikan pada tahun 1740 M/1160 H.
Masjid Sewulan Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @al_basyariyah.official

Waduk Widas

Lokasi di Kecamatan Saradan, berjarak 40 km kearah timur dari kota Madiun. Waduk Widas memiliki luass sekitar 860 Km2. Fasilitas Wisata yang ada berupa wisata air pemancingan, taman main anak anak, kios, dermaga ,dan beberapa perahu speed boot namun jumlahnya terbatas, selain itu dapat dikembangkan menjadi olah raga air, dapat dibangun lapangan olah raga tenis, loco trip (kereta) didalam hutan, tempat penginapan, rumah makan. Pengelolaan saat ini oleh Jasa Tirta
Waduk Widas Wisata Kota Madiun

Photo via instagram @yoganendi

Jalan-jalan udah, kurang lengkap rasanya jika sudah tahu wisata Kota Madiun tanpa membawa oleh-oleh khas daerah yang kita kunjungi. Nah, inilah oleh-oleh khas wisata Kota Madiun:

Brem Madiun

Yang pernah bertandang ke Madiun, Jawa Timur, tentunya tidak asing dengan nama Brem Madiun. Nama makanan khas Madiun dari sari tape beras ketan yang berbentuk lempengan-lempengan kecil dengan berbagai macam rasa. Ada sensasi khas pada makanan ini, yakni jika dimasukkan di dalam mulut akan langsung mencair, dan menyisakan rasa manis yang cukup khas.

Brem Madiun Makanan Khas Kota Madiun

Photo via instagram @raffamart95

Pembuatan Brem Madiun: Awal mula beras ketan yang sudah dibersihkan diolah seperti menanak nasi hingga menjadi ketan, ketan kemudian di taburi ragi dan disimpan selama satu minggu. Setelah seminggu disimpan di tempat tertutup, baru tape ketan tersebut diambil sarinya, sementara sisa ampas tape ketan dapat dibuat sebagai pakan ternak sapi atau kambing.

Sebelum dituang dalam cetakan sari tape ketan dipanaskan dan diberi tambahan aroma rasa. Setelah didiamkan dan dipanaskan selama sehari, batangan bremmad lalu dipotong-sesuai ukuran yang dipesan, kemudian dimasukkan dalam kardus dan siap dipasarkan.

Sambel Pecel Madiun

Wisata Kota Madiun tak lengkap rasanya bila tidak mencoba Sambel yang satu ini, Rasanya yang sangat pas di lidah membuat saya tidak bosan-bosannya makan nasi pecel setiap hari.

Sambel Pecel Madiun Makanan Khas Kota Madiun

Photo via instagram @sambel.asliselo

Bahan dan pembuatan sambel pecel Madiun

Bahan:
250 ml air matang
250 g kacang tanah, sangrai, kupas
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
2 cm kencur
3 lembar daun jeruk purut, iris halus
1 sdt asam Jawa
1/2 sdt terasi goreng
25 g gula Jawa, sisir
2 sdt garam

Cara membuat: haluskan bahan-bahan tadi(bisa diulek pakai codet atau diblender) kemudian Campur air matang dan bumbu halus hingga rata. Sajikan.

Itulah beberapa wisata Kota Madiun yang bisa jadi alternatif tujuan travelingmu, jika bosa dengan wisata yang berpusat di kota besar.

Tulisan oleh korinisme 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *