EropaExploreWisata Alam

Menikmati Keindahan Norwegia dari Ketinggian Preikestolen

DestinasioKebayang nggak sih gimana rasanya berada di atas tebing batu setinggi lebih dari 600 meter dan menjorok ke laut? Kalau tebing tinggi diberi pagar besi yang tinggi atau dinding sih biasa. Namun, ini tanpa pengaman lho… Jika cukup berani, kamu bahkan bisa duduk di tepi tebing…

Duduk di tepi tebing Preikestolen Norwegia 1
Photo via instagram @klimen4evadzze

Nah, jika kamu pecinta wisata petualangan, nggak ada salahnya mencoba Preikestolen atau Pulpit Rock. Disebut demikian mungkin karena tebing batu dengar permukaan rata dan ukuran sekitar 25 x 25 meter ini memang tampak seperti mimbar raksasa. Permukaan rata ini terbentuk dari ekspansi es lebih 10.000 tahun yang lalu.

Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen 1
Photo via instagram @joncleave

Daya Tarik Preikestolen “Pulpit Rock” Norwegia

Preikestolen adalah salah satu wisata alam paling banyak dikunjungi di Norwegia. Bahkan, CNNGo pernah menyebut bahwa objek wisata ini adalah salah satu titik pandang paling spektakuler di dunia. Kamu bisa menikmati pemandangan luar biasa dari ketinggian.

Begitu tiba di atas, kamu mungkin akan merasa kalau permukaan rata pada tebing batu tersebut diukir oleh manusia. Atau, kamu mungkin membayangkan sebuah balok batu ukuran raksasa pernah jatuh di sini ribuan tahun lalu. Tapi nggak mungkin dong ya…

Photo via instagram @siwwroldereide

Menurut sejarahnya, tebing ini terbentuk dari gletser yang mencari 10.000 tahun yang lalu. Begitu tekanan es hilang, pegunungan yang membeku menjadi retak dan membentuk tebing raksasa yang datar.

Nama Preikestolen alias Pulpit Rock juga memiliki kisah tersendiri. Turis pertama yang mendaki ke ketinggian ini adalah seorang atlit senam bernama Thomas Peter Randulff. Saat traveling ke Lysefjord, ia menunjuk pada tebing tinggi tersebut dan bilang kalau tebing itu seperti mimbar (preikestol).

Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen 4
Photo via instagram @fajermufeez
Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen 3
Photo via instagram @summer_chen_weina
Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen 2
Photo via instagram @kjell_salbostad
Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen 5
Photo via instagram @ferbullon

Cara Menuju Preikestolen

Objek wisata Preikestolen terletak di Ryfylke, Kota Rogaland, Norwegia bagian Barat. Untuk tiba di objek wisata ini, kamu bisa menempuh rute berikut:

  • Kamu bisa naik pesawat hingga Kota Stavanger; so, kamu bisa cari info penerbangan dari Indonesia hingga tiba di kota ini;
  • Melalui jalur darat, kamu bisa naik bus dari Stavanger ke Preikestolen Fjellstue. Kendaraan roda 4 hanya sampai di lapangan ini guys…Jika nggak bawa dari rumah, kamu bisa sewa peralatan hiking dan membeli stock makanan dan minuman di sini.
  • Dari Stavanger, kamu bisa naik kapal ferry ke Pulpit Rock. Waktu tempuh sekitar 1 jam. Di pelabuhan ini, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dari dasar Pulpit Rock. Tapi sayang dong kalau kamu hanya sampai di kaki tebing?
  • Untuk mencapai tebing, nggak ada pilihan selain hiking setinggi +604 meter. So, siapin deh tuh segala keperluan untuk hiking sekitar 1-3 jam, tergantung pengalaman dan kelihaian kamu untuk hiking. Review online tergantung rute cukup bervariasi… namun, sepanjang kamu mengenakan perlengkapan hiking yang sesuai, petualangan ini cukup menyenangkan.

Penasaran ingin melihat dan merasakan sendiri sensasi berada di ketinggian? Dijamin, ini pasti beda dengan hiking ke gunung yang biasa kamu lakukan…

Menikmati Keindahan Norwegia dari Terbing Preikestolen
Photo via instagram @basovvictor

Nah, nggak ada salahnya mengatur agenda kunjungan kamu ke sini. Usahakan tidak hiking saat musim dingin atau awal musim semi. Salju di rute hiking sangat berbahaya buat keselamatan.

—–

Terhubung dengan @destinasiomag
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

More in Eropa

1 Comment

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *