ExploreEropaTulisan

Melihat Masjid Agung Roma Italia, Yang Termegah di Eropa

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 2
Photo via instagram @danieleatz

Roma, kota kuno nan cantik itu begitu tersohor dibelahan dunia. Ibu kota negara Republik Italia ini menjadi pusat agama Katholik. Tepatnya di Vatikan, kebijakan keagamaan umat Katholik terpusat di sana. Namun siapa yang mengira, ternyata kota yang identik dengan Katholik itu memiliki sebuah masjid megah yang berdiri sejak lama, yaitu Masjid Agung Roma, atau yang biasa disebut Grande Moschea Masjid.

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 1

Photo via instagram @amir.moderator

Masjid Agung Roma menjadi simbol toleransi keberagamaan di Italia. Letaknya di Basilica, Santo Paulus Roma, persisi bersebelahan dengan Vatikan dan Sinagog Yahudi.

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 2

Photo via instagram @danieleatz

Berdiri di atas lahan seluas 30 ribu meter persegi, masjid yang menjadi kebanggaan umat Islam Italia bahkan dunia ini mampu menampung sekitar 40.000 jamaah. Lebih mengangumkan lagi, masjid ini merupakan masjid terbesar di daratan Eropa. Pembangunan Mesjid ini baru dimulai pada tanggal 11 Desember 1984. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Roma dilakukan oleh Presiden Italia saat itu, Alessandro Pertini. Pembangunan baru selesai 11 tahun kemudian, tepatnya tanggal 21 Juni 1995.

Masjid Agung Roma disebut-sebut sebagai masjid terindah di Eropa. Dari kawasan Lembah Tiber, masjid itu tampak menjulang tinggi menyaingi Montenne Mountain, sebuah bukit yang sangat subur di utara kota Roma. Masjid ini memiliki enam belas kubah ditambah sebuah kubah besar di tengah yang atasnya dihiasi bulan sabit, simbol Islam. Desain interior kubahnya saling silang. Dan menjadi ciri khas masjid ini. Teknik semen bersilang membuat bagian-bagian lengkungan tersebut terlihat begitu apik, menyimbolkan pertemuan dua kebudayaan: Islam dan Eropa.

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 4

Photo via instagram @aisha.u.k

Masjid megah ini menjadi kebanggaan umat muslim di Italia. Saat ini tercatat warga muslim menjadi pemeluk agama terbesar kedua di Italia setelah Katholik.Konon katanya, chandelier yang digantung di langit-langit ini disepuh dengan emas asli .. Dan konon katanya chandelier yang digantung di langit-langit masjid ini disepuh dengan emas asli. WooooW ..

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 5

Photo via instagram @fabio.formato

Masjid Agung Roma Italia Yang Termegah di Eropa 3

Photo via instagram @amir.moderator

Pada bulan Ramadhan, Masjid Agung Roma tidak berbeda seperti masjid pada umumnya, lebih ramai dan bergeliat memainkan peranya sebagai pusat peribadahan. Begitu juga menjelang waktu berbuka puasa. Muslim Italia memilih ngabuburit di lingkungan masjid. Mempelajari berbagai sejarah Islam yang digelar pengurus masjid, atau sekadar menikmati keindahan dan kemegahan masjid. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang memilih berbuka dengan tajil yang disediakan panitia, berlanjut dengan melaksanakan ibadah-ibadah lainnya.

Memanjakan muslim Italia, pengurus masjid juga mengadakan bazar Ramadhan di halaman masjid dengan berbagai menu Timur Tengah, Asia, dan Italia tentunya. Pedagang-pedagang di sekitar masjid juga ada yang menjual makanan khas Arab, seperti kurma, kismis, manisan. Begitu antusias umat Islam Italia untuk beribadah di Masjid Agung Roma, sehingga jamaah yang berasal dari luar kota pun berbondong-bondong datang ke sana untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Terlebih di bulan mulia yang penuh ampunan ini.

Tulisan oleh SonOfGod88 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Explore