Makan Dimana?

Pilihan Kuliner Malang yang Legendaris dan Eksis Hingga Sekarang

kuliner malang legendaris bakso president

Destinasio – Malang sangat terkenal dengan wisata alamnya. Semakin banyak turis yang datang membuat kuliner malang yang legendaris semakin terkenal. Ada yang menyantapnya di tempat. Ada juga yang dijadikan buah tangan.

Ada banyak sekali kuliner baru yang bermunculan di Malang. Akan tetapi, masih ada juga kuliner zaman kuno yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan, sekarang kuliner legendaris Malang itulah yang sering diburu para wisatawan.

Tempat Kuliner Legendaris Malang Wajib kamuKunjungi

Sepertinya satu hari saja tidak cukup bagi kamu untuk mencoba mencicipi semua kuliner legendari di Malang. Meskipun Malang ini tidak terlalu luas, ternyata kota ini menyimpan berbagai kuliner zaman dahulu yang layak untuk kamu coba.

1. Bakso President

Ini bukan baksonya seorang presiden. Bukan pula bakso yang dulu paling suka dikunjungi presiden Indonesia seperti Pak Soekarno atau Pak Soeharto. Dinamakan Bakso President karena lokasinya berada di sebelah Bioskop President yang ada di kota Malang. Warung Bakso President ini dibangun oleh Abah Sugito pada tahun 1980. 

kuliner malang legendaris bakso president

Photo via instagram @gabriella_raya

kuliner malang legendaris bakso president

Photo via instagram @apaitudiet

Sebenarnya, gedung bioskop President sudah dialih-fungsikan sekarang. Hanya saja, nama Bakso President masih melekat pada warung milik Abah Sugito ini. Dan kamuharus tahu Abah Sugito inilah yang dianggap sebagai pencetus bakso Malang pertama kali di mana di dalam satu mangkuk tidak hanya ada bakso saja. Ada tambahan lain seperti tahu, siomay basah, dan siomay kering.

Lokasi Bakso President ini ada di dekat rel kereta api. Jadi, ketika kamumenyantap kuliner Malang yang legendaris ini, kamuakan merasakan getaran seperti sedang gempa bumi ketika kereta api melintas.

Baca juga : Selain Asinan, Ini Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Dicoba

2. Depot Es Talun

Kuliner Malang yang legendaris lainnya adalah Depot Es Talun. Kabarnya, es ini sudah ada sejak tahun 1950. Dan sampai sekarang, es yang satu ini masih banyak diburu. Tidak hanya wisatawan. Masyarakat di Malang juga suka dengan kuliner yang satu ini.

kuliner malang legendaris depot es talun 1

Photo via instagram @sherlyastura

kuliner malang legendaris depot es talun 3

Photo via instagram @yoiki_malang

kuliner malang legendaris depot es talun 2

Photo via instagram @doyanmakan.co.id

Sekilas, ini seperti es campur biasa. Namun, ada satu yang membuat Es Talun ini beda dengan es campur biasa, yaitu pada sirup yang ternyata ini buatan sendiri dari pembuat es talun. Selain itu, ada campuran tape ketan hitam yang membuat rasa es ini unik.

Kamu bisa menemukan Depot Es Talun ini di Jalan Arif Rahman Hakim No 2 Kota Malang. Ini warung warisan orng keturunan Cina bernama Om Loek.

3. Rawon Nguling

Sangat tidak tepat jika tidak memasukkan rawon sebagai kuliner khas Malang yang legendaris. Bayangkan saja. Rawon yang satu sudah ada sejak tahun 1928. Dan masih bertahan hingga saat ini.

kuliner malang legendaris rawon nguling

Photo via instagram @bedpackers_hostel

Sebenarnya, rawon yang satu ini tidak beda dengan kebanyakan rawon. Ini dibuat dari bahan suwiran daging sapi, sambel terasi, dan juga taogi kecil-kecil. Warna kuahnya hitam karena bumbu kluwek. Rawon Nguling ini sudah ada di beberapa kota, tidak hanya di Malang. Namun, jika kamu ingin merasakan Rawon Nguling yang sebenarnya, kamubisa datang ke Malang dan berburu kuliner Malang yang legendaris ini.

4. Sate Gebug

Jika Jogja punya Sate Klatak, Malang punya Sate Gebug. Sate Gebug yang asli berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat 113 A Kota Malang. Ini warung yang sudah berdiri pada tahun 1920. Saat ini, warung Sate Gebug diteruskan oleh generasi ketiga.

kuliner malang legendaris sate geblug

Photo via instagram @putritaruno

Menurut pengelola warung, yang menjadikan Sate Gebug ini istimewa ada pada daging sapi yang dipilih. Mereka enggan menggunakan daging sapi yang tidak sesuai dengan standard mereka. Bahkan, para pendahulu selalu mengatakan bahwa warung sebaiknya ditutup sementara jika pada saat itu mereka tidak mendapatkan daging berkualitas.

Itulah beberapa kuliner Malang yang legendaris. Semoga dengan informasi kamutidak lagi bingung saat berada di Malang. kamu sudah tahu makanan apa yang sebaiknya kamucoba.

—–

Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *