Makan Dimana?

5 Kuliner Khas Semarang yang Selalu Bikin Kangen

Destinasio – Ada banyak sekali kuliner khas Semarang yang harus kamu coba. Mungkin, dibandingkan dengan tempat wisatanya, kulinernya lah yang paling membuat kangen kota Semarang.
Salah satu ciri khas dari kuliner dari Semarang adalah pedas dan gurihnya. Semarang berbatasan dengan laut. Hal ini yang mempengaruhi cita rasa kuliner tempat tersebut yang sedikit asin dan gurih. Selain itu, karena berdekatan dengan laut, maka banyak sekali makanan yang terbuat dari ikan laut.

5 Kuliner Khas Semarang yang Harus Dicoba

Lumpia sudah sangat dikenal sebagai buah tangan ketika wisatawan berwisata di semarang. Namun, selama berada di Kota Semarang, kamu harus coba makanan khas yang bisa kamu santap di tempat. Apa saja itu?
Baca juga: Bosan Gudeg? Ini Daftar Kuliner khas Jogja Murah untuk Dicoba

Tahu Gimbal

Suka dengan makanan pedas? Jika suka, kamu wajib coba tahu gimbal. Ini sejenis nasi pecel. Ada lontong, berbagai jenis sayuran, dan juga bumbu kacang kental. Namun, ada satu yang membedakan antara tahu gimbal dengan pecel, yaitu udang. Udang ini digoreng dengan tepung. Lalu, udang dipotong berbentuk segi empat dan ditaruh di atas lontong serta sayur.

tahu gimbal kuliner khas semarang

Photo via instagram @riaferty12

tahu gimbal kuliner khas semarang

Photo via instagram @riaferty12

Harganya sedikit mahal dibandingkan dengan nasi pecel. Pasalnya, ada udang ditambahkan di atasnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Harganya masih sangat ramah di kantong.

Nasi Liwet Bandeng Presto

Karena berdekatan dengan laut, maka hasil laut seperti bandeng menjadi kamulan Kota Semarang. Harganya sangat terjangkau. Dan kualitas ikan bandeng sangat baik. Bandeng yang disajikan masih sangat fresh karena berdekatan dengan laut.
Di pusat kota Semarang di sekitar Tugu Muda, kamu bisa menemukan pusat oleh-oleh berupa bandeng presto. Jika kamu masih punya waktu, kamu bisa menyantap nasi liwet dengan bandeng presto. Dengan sambal dan lalapan, ini akan menjadi menu kuliner khas Semarang yang sulit kamu lupakan.

kuliner khas semarang nasi liwet bandeng presto

Photo via instagram @indirapupu

Garang Asem

Menu kuliner khas dari Semarang yang satu ini merupakan olahan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Bahkan, banyak sekali orang yang berburu kuliner tradisional seperti garang asem ini.
Ini adalah makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Di dalamnya terdapat ayam dengan kuah santan yang dicampur dengan belimbing wuluh, cabai, dan bumbu lainnya.

garang asem kuliner enak khas semarang

Photo via instagram @dianayupuspitasari

garang asem kuliner ayam khas semarang

Photo via instagram @ayamgoreng_mamamertua

Garang asem ini sangat lezat jika dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat. Terkadang, tempat makan yang menyediakan menu garang asem ini juga menyediakan menu pelengkap lainnya, seperti sate jeroan ayam dan juga tempe goreng.

Mie Kopyok

Semarang memang panas di siang hari. Namun, ketika malam hari, Semarang cukup dingin. Memang tidak sedingin daerah pegunungan seperti bogor. Namun, dinginnya cukup membuat kamu ingin menyantap makanan yang hangat.
Kuliner khas Semarang yang tepat menemani malam kamu adalah mie kopyok. Dinamakan mie kopyok karena cara pembuatannya sedikit di ‘kopyok’ atau digoyang-goyang agar bumbu meresep ke dalam mie.

kuliner khas semarang mie kopyok

Photo via instagram @amazingindonesiafood

Tampilannya hampir mirip dengan mie godong Jawa. Hanya saja, ada tambahan taoge, tahu, kerupuk gendar, dan juga tetelan daging. Kuahnya sangat gurih karena bumbunya begitu banyak. 

Tahu Petis

Jika kamu tidak ingin makan makanan yang berat, kamu bisa coba tahu petis. Ini tahu yang diisi dengan petis. Petis ini berwarna hitam. Petis ini terbuat dari sisa cairan rebutsan ikan atau udang. Jadi, aroma udang dan ikan masih sangat terasa.

tahu petis kuliner khas semarang

Photo via instagram @kedai_teras_ny_wiling

tahu petis kuliner khas semarang

Photo via instagram @tahupetiskrezz

Itulah beberapa kuliner khas Semarang yang sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Saat berwisata di Kota Semarang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner tersebut di atas. 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *