Pesona IndonesiaTulisan

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 2
Photo via instagram @seanesiatrip

Pantai ini diberi nama Pantai Burung Mandi bukan karena banyak burung sedang mandi tapi karena, Di sebelah timur laut Belitung ada sebuah gunung yang bernama burung mandi, yaitu 18km arah Barat kota Manggar. Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Tempat ini sudah dikenal sejak Belanda pertama kali mendirikan pusat penambangan timah di desa Damar, desa terdekat dari Burung Mandi.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 3

Photo via instagram @helenwong98

Pantai Burung Mandi adalah pantai berpasir putih seperti umumnya pantai-pantai Belitung, tetapi uniknya anda tidak akan menemukan satu pun batu granit di pantai ini kecuali hanya pasir putih sepanjang pantai dan ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Di latar belakang anda bisa menyaksikan gunung Burung Mandi. Ini membuat pantai ini berbeda, karena di sini adalah satu-satunya pantai Belitung yang memiliki gunung sebagai latar belakang. Jarak Burung Mandi ke bandara kira-kira 70km, bisa ditempuh dalam satu jam. Tidak ada hotel di sekitar tempat ini, kota terdekat adalah Manggar, berjarak 18km.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 1

Photo via instagram @seanesiatrip

Ombak pada Pantai Burung Mandi ini pun relatif ringan, sehingga memungkin bagi anda yang ingin melakukan aktifitas renang. Namun pada bulan-bulan tertentu, terkadang cuaca tidak bersahabat, seperti hujan deras, angin kencang, sehingga di harapkan anda harus lebih berhati-hati atau bahkan tidak melakukan aktifitas renang, karena jika cuaca sedang buruk, ombak pantai pun juga ikut buruk ( kencang ) tidak seperti layaknya hari- hari biasa yang cenderung cukup ringan.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 2

Photo via instagram @seanesiatrip

 

Wisata alternatif di dekat Pantai Burung Mandi

Pantai Bukit Batu

Pantai Bukit Batu berada di sebelah Timur Burung Mandi , sebuah pantai di lereng bukit. Tidak terdapat banyak pasir putih, tetapi kontur pantai yang berbukit membuat tempat ini unik. Bukit Batu dibangun oleh bupati pertama Belitung Timur, Basuki T Purnama pada tahun 2004. Pengunjung bisa mendapatkan restoran yang baik dengan fasilitas toilet dan kamar mandi berikut 2 bungalow yang dibangun tepat di sisi pantai untuk menikmati pemandangan sekitar. Bukit Batu hanya berjarak 2km dari pantai Burung Mandi.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 4

Photo via instagram @shelmisetiawan

Sebuah restoran yang berbentuk wisma berdiri tegar di tengah hutan lindung yang lebat. Hanya terdengar bunyi burung dan deburan ombak yang membuat perasaan tenang bila pengunjung berkunjung di kawasan ini. Itulah sebuah kawasan wisata Pantai Bukit Batu. Untuk turun ke pantai harus melalui jalan yang khusus dibangun dari semen. Pengunjung dapat melihat dan menikmati keindahan pantai yang dipenuhi sebaran bebatuan. Saat duduk di bangunan gazebo, yang tersedia disana, terasa suasana nyaman dan damai. Pantai Bukit Batu berpasir putih di tambah dengan bebatuan granit yang terserak untuk semakin memperindah alam sekitar.

Vihara Dewi Kwan Im

Vihara tua yang dibangun sekitar tahun 1747 bernama Vihara Dewi Kwan Im, tak hanya menjadi rumah beribadah umat Buddha di Belitung, tetapi juga menjadi objek wisata yang mengandung nilai sejarah dilihat dari usia bangunannya.

Vihara kerap dikunjungi wisatawan mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Burung Mandi dan Pantai Bukit Baru. Letak vihara berada di Desa Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur. Pada hari-hari tertentu nampak umat Buddha yang sedang berdoa di vihara. Meski difungsikan sebagai tempat ibadah, wisatawan diperbolehkan berkunjung untuk sekedar melihat-lihat dan berfoto. Nama asli vihara sebenarnya Vihara Buddhayana namun masyarakat biasa menyebutnya Vihara Burung Mandi atau Vihara Dewi Kwan Im yang merupakan nama Sang Dewi yang dipercaya selalu memberikan bantuan.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 5

Photo via instagram @kopertraveler.id

Pembangunan vihara berawal ketika seorang neayan menemukan patung Buddha Bodhisttwa yang setengah tenggelam di pantai Burung Mandi.

Tempat ini dikenal sebagai tempat ibadah Kong Hu Chu terbesar di Belitung, dibangun di lereng gunung Burung Mandi. Dari tempat ini, anda bisa memandang laut lepas di sekitar pantai Burung Mandi. Di setiap bulan Februari tempat ini dipadati oleh penziarah untuk melakukan ibadah dalam rangka peringatan Tahun Baru Cina. Meskipun tempat ini adalah tempat religius, pengunjung bisa datang kapan saja untuk berwisata.

Keunikan Pantai Burung Mandi di Belitung Timur 6

Photo via instagram @belitung.trip.id

Danau Mempaya

Ada ratusan danau di Belitung Timur, tetapi danau Mempaya adalah salah satu yang terluas. Danau ini terletak di sisi berlawanan dari gunung Burung Mandi yang menghadap pantai. Pemandanganya bagus, dengan gunung Burung Mandi sebagai latar belakang. Mohon dicatat, danau Mempaya masih belum merupakan tujuan berlibur yang umum, tidak ada fasilitas turis di tempat ini. Kami hanya merekomendasikan tempat ini untuk pengunjung yang tertarik dalam bidang fotografi.

Tulisan oleh 321.7.123 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *