Pesona IndonesiaTulisan

Keindahan Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira

Keindahan Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira 2
Photo via instagram @hamnastr

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang dan berjemur. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau nenbersit pada hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Keindahan Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira

Photo via instagram @abd.rasyid

Pantai bira yang sudah terkenal hingga mancanegara, kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata yang patutu di andalkan. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti perhotelan, restoran, serta sarana telekomunikasi, pantai bira berlokasi sekitar 41 km kearah timur dari kota Bulukumba. dengan pelabuhan penyeberangan fery yang menghubungkan daratan Sulawesi Selatan dengan pulau selayar.

Keindahan Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira 1

Photo via instagram @hasiholantiroi

Keindahan Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Pantai ini termasuk pantai yang bersih, tertata rapi, dan air lautnya jernih. Keindahan dan kenyamanan pantai ini terkenal hingga ke mancanegara. Turis-turis asing dari berbagai negara banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk berlibur.

Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Keindahan Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira 2

Photo via instagram @hamnastr

Tanjung Bira menawarkan jenis penyelaman yang agak berbeda dibandingkan tempat lain di Indonesia. Jenis petualangan bawah laut yang penuh tantangan, dengan lokasi penyelaman berarus ditemani ikan hiu jenis white tip dan black tip yang bersliweran disekitar peselam. Sebagian titik penyelaman disini direkomendasikan bagi peselam-peselam berpengalaman yang menyukai jenis penyelaman yang beresiko karena kondisi arus yang kadang-kadang cukup kuat.

Namun demikian ada pula beberapa titik penyelaman yang dapat di akses dengan mudah oleh peselam pemula. Bira merupakan salah satu tempat yang dengan mudah anda dapat berinteraksi pasif dengan ikan hiu dimana tempat semacam ini sudah sangat jarang di Indonesia.

Snorkeling di Liukang Loe

Lokasi Liukang Loe persis di depan Pantai Tanjung Bira. Dari bibir pantai, pulau ini tampak jelas. Dan, untuk mencapai Liukang Loe, Anda bisa menyewa perahu motor. Perahu mampu memuat sekitar sepuluh orang. Perjalanan ke Liukang Loe hanya berkisar 10 menit hingga 15 menit. Pulau yang hanya dihuni beberapa keluarga ini sebenarnya biasa saja. Keistimewaannya justru terletak di perairan di sekitar pulau itu.

Ya, perairan di sekitar Liukang Loe sangat jernih. Tak cuma itu, di bawah permukaan air, Anda bisa menemukan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa melihat terumbu karang nan cantik, bintang laut maupun ikan laut berwarna-warni. Sangat indah.

Snorkeling Pantai dan Taman Laut Tanjung Bira

Selam permukaan alias snorkling pun menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan bawah laut. Peralatan snorkling bisa Anda sewa di Tanjung Bira.

Buat Anda yang tak pandai berenang, tak perlu cemas. Pasalnya, Anda akan dibekali jaket pelampung sehingga dijamin tidak akan tenggelam. Dibandingkan turis asing, wisatawan lokal jarang tertarik untuk snorkling,” kata Mansyur, salah seorang supir perahu yang kerap mengantar turis mancanegara ke Liukang Loe.

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor.

Tulisan oleh rintodes 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *