Uncategorized

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari 1
Photo via instagram @kataomed

Air terjun Moramo terletak sekitar 70 km dari pusat kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan kendaraan pribadi, perjalanan menuju ke air terjum Maramo memakan waktu sekitar 2 jam. Pasalnya Jalan menuju Air Terjun ini masih dalam keadaan yang cukup memprihatinkan. Di Tempat ini terdapat sekitar 10 tingkat air terjun. Debit air yang besar dan ketinggian yang lumayan membuat air terjun ini terlihat sangat mempesona.

Air Terjun Moramo yang konon katanya merupakan permandian para bidadari ini, memiliki panorama alam yang indah dan masih alami yang tidak kalah indahnya dengan air terjun lain di Indonesia. Air terjun Moramo berbentuk kucuran air dari ketinggian sekitar 100 meter dengan air meluncur deras pada batu granit besar bersusun. Ketinggian setiap susun air terjun berkisar antara 0,5 sampai tiga meter. Susunan ini terbentuk secara alami selama ribuan tahun lalu.

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari 1

Photo via instagram @kataomed

Di Sekitar Air Tejun ini juga masih terdapat penghuni alam seperti beraneka burung, beraneka ragam kupu-kupu, dan berbagai satwa lainnya. Keindahan Air terjun Moramo, yang diringi dengan bunyi semilir air terjun, dan kicauan burung yang bersahutan membuat kita seakan mendengarkan music alam yang jauh dari suasana keramaian di pusat kota. Bahkan ketika sinar matahari terpantul dari bebatuan marmer disekelilingnya memancarkan sinar pelangi yang didominasi warna sinar dan biru yang dapat menambah pesona kecantikannnya.

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari 3

Photo via instagram @muhlisz_11

Daerah Moramo sangat terkenal dengan aktivitas masyarakat maupun pabrik dalam hal penambangan batuan marmer, karena daerah ini diliputi oleh gunung yang mempunyai deposit marmer yang melimpah. Produk olahan marmer ini telah digunakan secara nasional. Dibalik, melimpahnya kandungan mineral dan kristal marmer disana, terdapat satu tempat wisata unggulan provinsi Sulawesi Tenggara yang sangat Eksotis, yakni Pemandian Air Terjun Moramo. Tempat wisata ini terdapat di dalam kawasan hutan konservasi Suaka Marga Satwa Tanjung Peropa. Selain untuk wisata tempat ini juga kadang dijadikan tempat penelitian.

Jarak pintu masuk dan area wisatanya sekitar satu kilometer yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak. Namun sepanjang perjalanan akan ditemui berbagai pemandangan eksotis berupa bentangan pohon-pohon khas hutan hujan tropis yang berusia ratusan tahun dan air terjun mini yang sangat jernih dan indah. Aliran sungai yang deras dengan debit air yang cukup besar dimanfaatkan untuk pengairan sawah-sawah milik warga disekitar daerah konservasi tersebut.

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari 4

Photo via instagram @sumasaputra_j

Di sepanjang jalan setapak menuju lokasi pemandian, terdapat aliran sungai yang terkadang membentuk suatu air terjun mini dan sesekali membelah jalan. Lokasi-lokasi tersebut bisa menjadi satu spot tersendiri bagi pencita fotografi landscape. Airnya jernih dan tidak terdapat batu-batu krikil akibat sedimentasi dalam aliran sungainya, karena air mengalir pada batuan bauksit yang padat.

Banyak angle yang bisa dieksplor lebih jauh disana, karena panorama air terjun yang tersaji sangat indah, puluhan tingkatan air terjun mulai dari yang kecil hingga yang besar ada disana, dengan komposisi alami yang sangat menarik. Selain itu komposisi pohon-pohon yang menjulang tinggi juga ikut menguatkan image panorama yang indah tersebut.

Keindahan Panorama Air Terjun Moramo, Kendari 5

Photo via instagram @ranaaliyamin

Penggunaan low speed sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan hasil panorama yang unik. Selain foto landscape, kita juga dapat mengambil foto-foto still life aktivitas para wisatawan, misalnya ketika ada orang melompat dari air terjun. Selain panorama air terjunnya, terdapat juga spot yang unik yaitu pemandangan pohon-pohon yang tumbang akibat desakan air. Selain mengambil foto jangan lupa juga ikut merasakan segar-nya air terjun di Moramo dengan menyempatkan diri berenang ataupun sekedar bersantai diatas aliran sungai.

Tips Perjalanan dan fotografi Air Terjun Moramo :

  • Jika bersama rombongan sebaiknya membawa kendaraan sendiri atau menyewa mobil.
  • Sedia payung atau rain coat, karena terkadang hujan datang walaupun cuaca terlihat cerah.
  • Menggunakan sandal gunung lebih baik.
  • Usahakan datang agak pagi sehingga anda masih mendapatkan momen ROL.
  • Sediakan Tripod untuk membantu anda mengambil momen yang unik dengan penggunaan low speed. Tapi kalau tidak ingin repot dan anda terlatih menggunakan handheld anda dapat mencoba angle yang cukup ekstrim, seperti memotret dari tengah sungai.
  • Sediakan plastik pelindung kamera jika anda ingin memotret air terjun dari dekat atau menggunakan lensa tele.

Tulisan oleh AFFreeed 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *