Pesona Indonesia

Inilah 5 Wisata Dieng Wajib Dikunjungi Tahun 2021

Camping di Gunung Prau Wisata Dieng

Destinasio – Sudah terlalu biasa menghabiskan malam tahun baru di tempat yang ramai? Anda bisa coba hal yang baru dengan cara berlibur ke 5 wisata Dieng wajib dikunjungi saat tahun baru. Dieng merupakan dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Tempatnya asri dan dingin. Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda saat memasuki hari baru di tahun baru.

5 Wisata Dieng Yang Harus Kamu Kunjungi

Waktu terbaik untuk ke Dieng Wonosobo adalah di bulan Agustus. Karena pada saat itu, ada kemungkinan Anda bisa menikmati turunnya salju. Selain itu, terdapat pagelaran budaya dan seni dengan tajuk Wonosobo Dieng Culture Festival. Akan tetapi, bukan berarti salah jika Anda datang ke tempat ini di saat tahun baru. 

Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda pilih untuk menyambut tahun baru.

Camping di Gunung Prau

Anda suka camping? Jika ya, ada Gunung Prau. Ini gunung yang letaknya tidak terlalu tinggi. Lebih tinggi dari gunung di sebelahnya yaitu Sindoro dan Sumbing. Akan tetapi, berada puncak Gunung Prau membuat Anda bisa melihat bumi dari atas dengan background dua gunung menjulang tinggi, yaitu Sindoro Sumbing.

wisata camping puncak gunung prau

Photo via instagram @shinta86

Camping di Gunung Prau Wisata Dieng

Photo via instagram @tourjawa.id

Wisata Dieng Camping ke Gunung Prau

Photo via instagram @senjakala.trip

jalur pendakian prau wisata dieng

Photo via instagram @gandirinaldo

Banyak sekali wisatawan yang datang ke Gunung Prau di saat tahun baru tiba. Mereka ingin melihat sunrise pertama kali di tahun baru. Siapkan peralatan camping Anda. Butuh waktu sekitar 2 hingga 3 jam berjalan kaki dari awal pendakian.

Lihat Sunrise di Sikunir

Tidak yakin bisa hiking ke puncak Gunung Prau? Ada satu spot wisata Dieng wajib dikunjungi tahun baru yang tidak terlalu tinggi. Yaitu Sikunir. Ini bukit yang ada di desa tertinggi di Jawa Tengah bernama Desa Sembungan.

Melihat sunrise di sikunir dieng

Photo via instagram @maimagallery

pemandangan sikunir wisata dieng

Photo via instagram @hashem_the_traveller

Jika Anda membawa mobil, Anda bisa parkir di sebuah lapangan yang cukup luas. Di sana juga Anda bisa camping. Jika sunrise akan tiba, Anda bisa naik ke bukit. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak. 

Candi Arjuna 

Terkadang, ada juga acara berupa kembang api dan lampion di Kawasan Candi Arjuna. Ini berada di tengah-tengah desa Dieng. Ada sebuah Kawasan Candi Arjuna yang begitu luas. Ratusan kembang api dan lampion akan dinyalakan di saat tahun baru tiba.

Candi paling terkenal dieng

Photo via instagram @candiarjunadieng

Anda perlu membawa jaket karena udara di sana sangat dingin di malam hari. Siapkan juga kamera terbaik Anda untuk mengambil gambar kembang api serta lampion yang begitu indah.

Wisata Candi Arjuna Dieng

Photo via instagram @candiarjunadieng

Gardu Pandang

Jika Anda ingin melihat Jawa Tengah dari atas, Anda sebenarnya tidak perlu ke puncak Gunung Prau ataupun ke Sikunir. Anda bisa ke sebuah gardu yang disebut dengan gardu pandang. Dinamakan gardu pandang karena dari sinilah Anda bisa dengan jelas melihat landscape serta beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah, terutama Sindoro, Sumbing, dan Merapi.

Gardu Pandang Dieng Pemandangan Keren

Photo via instagram @iinoktav_24

melihat keindahan pemandangan dieng gardu pandang

Photo via instagram @hilmymew

Batu Pandang Ratapan Angin 

Pernah dengar Telaga Warna? Ini juga obyek wisata di Dieng. Tempat yang paling tepat untuk melihat warna-warni Telaga Warna ini adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Lokasinya berada di bukit di atas Telaga Warna. 

destinasi wisata traveling terpopuler dieng telaga warna

Photo via instagram @jenif93r

pemandangan wisata dieng batu pandang ratapan angin

Photo via instagram @angga1219

lokasi batu pandang ratapan angin

Photo via instagram @lia.zaqia

Yang Perlu Diperhatikan Saat Wisata Dieng

Yakin mau liburan tahun baru di Dieng? Sebaiknya, Anda bawa jaket, celana, syal, dan juga tutup kelapa yang cukup tebal. Udara di Dieng di malam hari sangat dingin. Selain itu, sebaiknya Anda juga booking hotel atau homestay terlebih dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan kamar untuk menginap. Anda bisa memilih antara menginap di penginapan di pusat Kota Wonosobo atau langsung ke Dieng. Jika Anda ingin melihat sunrise, sangat disarankan Anda cari homestay yang ada di sekitar Wisata Dieng. 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *