ExploreAsiaTulisan

Harajuku, Wisata Cosplay Para Remaja Jepang

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 3
Photo via instagram @siskaipey

Mungkin Anda pernah mendengar nama “Harajuku” kalau mengenal dunia fashion..!? Yupz’ itu adalah fashion model Jepang yang stylish bagi kaum muda.

Tapi sesungguhnya Harajuku adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Kuil Meiji, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita ( Takeshita-dri ), department store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi. Harajuku bukan sebutan resmi untuk nama tempat, dan tidak dicantumkan sewaktu menulis alamat.

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 1

Photo via instagram @lionelnaufal1823

Di gerbang Harajuku, Sepanjang jalan menuju gerbang, puluhan remaja Tokyo tampil dengan berbagai gaya dandanan (biasa disebut “cosplay”, singkatan dari costume play), mulai dari gothic hingga anime. Yang unik, banyak juga turis sengaja berdandan gothic dan ikutan tampil sepanjang jalan.

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 2

Photo via instagram @haydnecamina

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 3

Photo via instagram @siskaipey

Sekitar tahun 1980-an , Harajuku merupakan tempat berkembangnya subkultur Takenoko-zoku . Sampai hari ini, kelompok anak muda berpakaian aneh bisa dijumpai di kawasan Harajuku. Selain itu, anak-anak sekolah dari berbagai pelosok di Jepang sering memasukkan Harajuku sebagai tujuan studi wisata sewaktu berkunjung ke Tokyo.

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 4

Photo via instagram @kx_xm.iv

Gerbang Harajuku merupakan titik awal jalan setapak menuju Meiji Jingu, kuil yang menjadi saksi sejarah periode Meiji. Daerah Harajuku memang merupakan perkawinan tradisional dan modern. Di sebelah kiri, di daerah Yoyogi menampilkan unsur tradisional, sementara di sisi kanan, Harajuku modern, mulai dari bangunan dan gaya hidupnya (makanan, kostum,butik, dan pengunjungnya)

Sepanjang jalan menuju kuil, kita bisa melihat jajaran drum anggur yang dulunya adalah lokasi tempat penyimpanan anggur milik kaisar. Masuk ke dalam jalan setapak yang ada di kiri jalan, kitaakan digiring menuju taman Yoyogi yang asri. Puas menikmati hijaunya taman, kita melanjutkan ke kuil Meiji. Di kuil ini, kita bisa menyampaikan keinginan kita di papan kayu (dijual seharga 500 yen). Papan kayu ini kemudian digantung di satu papan besar yang ada di halaman kuil.

Harajuku Wisata Cosplay Para Remaja Jepang 5

Photo via instagram @akira.tkmt

Dari kejauhan, di salah satu jalan kecil menuju kawasan butik mewah Omotesando, dari situ akan terlihat antrean panjang orang membeli takoyaki!
Sambil menyantap takoyaki, anda dapat menyusuri Omotesando, daerah yang sering disebut Champs-Elysees-nya Tokyo. Di belakang toko mewah, terlihat beberapa gedung menjulang yang merupakan apartemen mewah yang menjadi tempat tinggal banyak selebritas Jepang. Konon salah satu gedung tinggi itu adalah tempat tinggal penyanyi wanita Jepang terkenal, Ayumi Hamasaki.

Tulisan oleh VicCer.93 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Explore