ExplorePesona IndonesiaWisata Alam

Gili Meno, Wisata Bahari yang Tersembunyi

Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @fiqriyansah_maulana

Memang, jika kita berwisata di Indonesia tak akan pernah habis. Negara kepulauan tropis terbesar di dunia tentunya memiliki banyak sekali wisata alam bahari yang tersebar di seluruh pulau. Kebanyakan wisatawan mancanegara biasanya yang mereka incar ketika berkunjung ke Indonesia adalah wisata bahari. Tak hanya pantai kute saja yang indah yang dimiliki oleh Indonesia, namun masih banyak sekali wisata bahari yang tersimpan dari kearifan lokal Indonesia. Salah satunya adalah gili meno.

Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @cwaddell88

Gili meno adalah salah satu dari 3 gili yang berada di Lombok, yaitu gili trawangan dan gili air. Gili meno terletak di desa gili indah, kecamatan pemenang, kabupaten Lombok utara. Memang, gili meno tak seterkenal 2 gili yang lain, yaitu gili trawangan dan gili air. Jika gili trawangan terkenal dengan event- eventnya yang bertemakan bahari laut Indonesia, maka gili meno menyajikan keindahan laut eksotis yang tenang. Gili ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur di pantai namun tidak suka dengan keramaian, karena gili ini tak banyak dikunjungi orang.

Nah, di sini ada beberapa spot wisata yang tak kalah elok dengan tetangga sebelah. Berikut adalah spot wisatanya.

Turtle Heaven Gili Meno

Spot ini adalah spot yang paling difavoritkan oleh wisatawan untuk snorkeling. Anda tak perlu lama untuk sampai di turtle heaven, hanya sekitar 10-20 menit dengan kapal. Sesuai dengan namanya, ketika Anda menyelami tempat ini, Anda akan bertemu dengan kura- kura yang sedang berenang. Sungguh ini adalah pemandangan yang menakjubkan. Bahkan, terkadang kura- kura juga menyebul keatas air seakan- akan ingin menyapa pengunjung.

Turtle Heaven Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @domnuttall
Turtle Heaven Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via Instagram @laaiaa05

Meno slope

Meno slope merupakan salah satu spot diving yang dimiliki oleh gili meno. Cukup hanya 5 menit saja dengan speedboat, Anda sudah bisa sampai di spot ini. Spot yang memiliki kedalaman 2 meter ini adalah rumah bagi beberapa biota laut, seperti kura- kura, ikan badut, pari, scorpion fish, dll. Yang menjadi menarik dari spot ini adalah kumpulan patung manusia yang saling berpelukan yang berada di dasar laut. Biasanya moment ini banyak digunakan pengunjung untuk berswafoto.

Meno Slope Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @cameroncundle
Meno Slope Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @rifatperdana
Meno Slope Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 2
Photo via instagram @cameroncundle

Meno wall

Spot menyelam lainnya yang menarik adalah meno wall. Meno wall adalah 2 dinding yang berada di dasar laut. Dinding ini membentang dari kedalaman 16 meter hingga 5 meter di bawah laut. Spot ini sangat cocok bagi penyelam pemula maupun bagi yang sudah terlatih.

Meno Wall Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @perfect_worldview
Meno Wall Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 1
Photo via instagram @benzem84
Gili Meno, Wisata Bahari Indonesia yang Tersembunyi 2
Photo via instagram @ninezoz

Terlepas dari itu semua, gili meno memberikan kita banyak keindahan. Maka kita sebagai masyarakat dalam negeri sudah sepatutnya merasa bersyukur dengan cara selalu bangga dengan kearifan lokal kita yang indah ini. Mengapa Anda lebih bangga dengan wisata alam di luar negeri jika negeri sendiri saja sudah memiliki wisata alam yang jauh lebih baik. Berbanggalah dengan kearifan lokal yang kita miliki.

—–

Terhubung dengan @destinasiomag
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Explore