Pesona IndonesiaTulisan

Eksotisme Pantai di Pulau Rumberpon Papua

Eksotisme Pantai di Pulau Rumberpon Papua 1
Photo via instagram @khajock

Berkunjung ke wilayah paling timur Indonesia jangan lupa mampir sejenak ke objek Wisata Pulau Rumberpon Papua. Di pulau ini memiliki keindahan alam khas pulau Papua dengan berbagai biota lautnya yang patut untuk dikunjungi.

Air laut di sekitar pulau ini jernih dengan profil dasar laut yang landai hingga sepanjang 100 meter ke tebing dan struktur perairan yang relatif tenang.

Di pulau ini terdapat rataan terumbu 9 reef flat di sepanjang tepi pantai dan sepanjang perairan di pulau ini, hamparan terumbu karang hampir tersebar merata mengelilingi pulau, termasuk karang berkelas dunia sehingga tempat yang cocok untuk kegiatan diving melihat keindahan bawah lautnya.

Eksotisme Pantai di Pulau Rumberpon Papua 1

Photo via instagram @sidiqsumantri45

Pulau Rumberpon Papua memiliki panjang pantai mencapai 6.000 meter. Di kawasan perairan ini Anda dapat malakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling, scuba, diving, selancar angin, ski air, dan memancing. Kegiatan lain yang dapat di lakukan adalah pengamatan burung, antara lain elang laut, dan satwa khas lainnya seperti kuskus.

Eksotisme Pantai di Pulau Rumberpon Papua 1

Di tempat ini juga terdapat padang alang-alang yang cukup luas di mana pada tempat tersebut terdapat satwa burung rusa (Cervus timorensis). Adapun pada habitat mangrove dan padang lamun dapat di jumpai duyung dan penyu laut. Pulau Rumberpon terletak di bagian utara Kabupaten Teluk Wondama, berbatasan dengan Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua. Pulau Rumberpon memiliki pantai yang indah, yaitu Pantai Pasir Panjang, dari pasir kuarsa putih, tidak berkarang, dan panjangnya mencapai 6.000 meter.berbagai kegiatan, seperti: snorkeling, scuba diving, selancar angin, ski air, dan memancing menjadi sajian menarik bagi para wisatawan.

Eksotisme Pantai di Pulau Rumberpon Papua 1

Photo via instagram @khajock

Namun bukan hanya itu saja paket wisata yang ditawarkan Air laut di sekitar pulau ini yang jernih dan terdapat rataan terumbu di sepanjang tepi pantai dengan profil dasar laut yang landai membuat kawasan ini terkenal akan terumbu karangnya yang indah.Kawasan terumbu karang sendiri panjangnya 100 meter ke tebing dan Hamparan terumbu karang hampir tersebar merata mengelilingi pulau ini.

Terletak di bagian utara Kabupaten Teluk Wondama, berbatasan dengan Kabupaten Manokwari.Papua Barat. Untuk mencapai Pulau Rumberpon dapat langsung dari Manokwari melalui laut dengan menggunakan longboat selama 5,5 jam atau melalui jalan darat dari Manokwari ke Ransiki (memakan waktu sekitar 3 jam) yang kemudian dilanjutkan melalui laut dari Ransiki ke Pulau Rumberpon Papua dengan menggunakan longboat selama sekitar 2 jam.

Tulisan oleh h2rm0n1

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *