Pesona IndonesiaTulisan

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen: Pantai Menganti

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 2
Photo via instagram @rendi_orisa04

Kebumen, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di selatan, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tidak heran jika banyak obyek wisata khususnya pantai di Kebumen. Salah satu yang unik dari Kebumen adalah wilayah paling barat yang berupa pegunungan karst (kapur/ gamping). Bantuk lahan ini terbentuk oleh di bawah permukaan laut dengan beribu-ribu binatang dan biota karang dalam jangka waktu geologi, sehingga kemudian terangkat dan menjadi pengunungan karst.

Warna Putih sangat dominan pada batuan gamping walaupun kadang tertutup akibat oksidasi dan proses alam lainnya. Puing-puing sisa karang yang terhempas air laut kemudian membentuk pantai yang indah nan eksotik dengan dominan warna putih. Itulah yang terjadi di pantai Menganti di ujung paling selatan Kebumen.

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 1

Photo via instagram @fitrianidewi2719

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Bentang alam berupa penggunungan memang sedikit menyulitkan untuk mengakses pantai menganti. Hal tersebut ditambah dengan kondisi jalan yang kurang bagus. Tidak banyak orang yang tahu akan pantai ini, penduduk sekitar sering menggunakan Pantai Menganti sebagai tempat rekreasi pada saat lebaran atau liburan sekolah. Karena tidak banyak yang tahu, maka pada hari-hari biasa tidak ada pemungutan retribusi, tetapi beda kondisinya pada saat ramai semisal lebaran, akan ada portal yang dijaga oleh warga sekitar untuk pemungutan retribusi.

Perjalanan ke Pantai Menganti disarankan untuk siap selalu dengan kamera. Banyak lokasi yang harus diabadikan mulai dari perjalanan hingga objek pantainya. Oleh karena itu moment yang indah tersebut jangan lupa untuk diabadikan menggunakan kamera. Sebelum mencapai pantai melalui jalan yang berlika-liku dengan pemandangan yang menakjubkan.

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 2

Photo via instagram @rendi_orisa04

Pegunungan karst yang indah berbukit-bukit, dan laut yang sesekali terlihat saat diatas jalan yang tinggi dan menurun. Sesampainya di Lokasi, terlihat lokasi seperti TPI (Tempat Pelelangan Ikan), memang benar karena menganti merupakan lokasi TPI bagi nelayan di sekitar daerah tersebut. Akan tetapi jangan khawatir karena keindahan obyek wisata bukan terletak pada lokasi parkir dan TPI, tetapi pada pantai pasir putih yang ada di tepian pantainya.

Keindahan Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan objek utama. Terletak pada koordinat lintang -7.770352° dan bujur 109.413130°. Suasana yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan banyak batu besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera merupakan suatu kepuasan bagi pengunjung.

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 3

Photo via instagram @windi_wdyntii

Jika sempat bawalah jaring kecil penangkap ikan dan topi untuk pelindung dari terik matahari. Jaring kecil dapat digunakan untuk menangkap Ikan kecil berwarna-warni yang terperangkap cekungan-cekungan batu antara laut dan pasir putih. Jangan lupa memakai sandal atau sepatu, karena masih banyak landak laut.

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 4

Photo via instagram @vinkhaaa

Satu objek yang perlu dikunjungi saat sampai di pantai Menganti adalah menara mercusuar. Letaknya kurang lebih 500 meter di selatan pantai menganti. Jalan menanjak dan melewati beberapa bukit. Saat sampai di lokasi,tempat itu merupakan ujung paling selatan dari Kebumen dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, kita merasakan lautan bebas ada di depan kita. Deburan ombak yang menghantam karang dan angin laut bebas yang menerpa wajah menimbulkan sensasi tersendiri.

Eksotiknya Ujung Selatan Kebumen Pantai Menganti 5

Photo via instagram @singgihrahmana

Tips, Cara menuju lokasi ini paling direkomendasikan adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan mobil maupun kendaraan roda dua. Hati-hatilah dalam berkendara karena jalannya cukup ekstrim. Alternatif lain adalah dengan menggunakan angkutan pedesaan dan minibus yang dan minta berhenti di Desa Karang Duwur.

Perjalanan ke pantai bisa menggunakan ojek atau bisa berjalan kaki bagi yang suka hiking. Jika berkunjung pada hari biasa, disarankan untuk membawa bekal dari rumah karena tidak banyak penjual makanan dan jika ada biasanya harganya lebih mahal dari harga biasanya.

Tulisan oleh byjabs 

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *