EropaExploreUrban

Budha Tian Tan, Wisata Patung Budha Raksasa dari Hongkong

DestinasioHongkong banyak di kenal sebagai negara atau kota modern bagi penduduk asia, semuanya ada di Kota Hongkong. Hongkong dikenal juga sebagai kota tertinggi di dunia. Bukan karena letak geografisnya yang tinggi, namun  karena saking banyaknya gedung-gedung pencakar langit di kota ini. Tak ayal jika banyak penduduk asia terutama masyarakat tiongkok membangga-banggakan kota ini.

Ada salah satu destinasi wisata yang bisa dibilang tersembunyi, karena selain jauh dari keramaian kota, juga letaknya yang berada di gunung.

Budha Tian Tan Wisata Patung Budha Ikonik dari Hong Kong 2
Photo via instagram @

Adalah Budha Tian Tan. Patung budha raksasa ini merupakan patung ikonik bagi masyarakat Hongkong yang beragama budha bahkan seluruh dunia. Patung ini terletak di Ngong Ping, Pulau Pantau, Hongkong. Patung ini terletak di dekat biara bernama Po Lin. Sebelum adanya patung ini, biara tersebut sangat tersembunyi dan sedikit yang mengunjungi kuil tersebut.

Yuk lihat :   Bora-Bora Polinesia, Destinasi Bulan Madu Romantis
Budha Tian Tan Wisata Patung Budha Ikonik dari Hong Kong 1
Photo via instagram @beatrizzeglin
Wisata PAtung Budha Tian Tan Wisata Pulau Ngong Ping Hong Kong
Photo via instagram @olga_shewolf
Wisata PAtung Budha Tian Tan Wisata Biara Po Lin Hong Kong
Photo via instagram @senyal
Wisata PAtung Budha Tian Tan Wisata Biara Po Lin Hong Kong
Photo via instagram @lentochka84

Patung ini dibangun pada awal tahun 1990 dan selesai pada tanggal 29 Desember 1993. Ketika peresmian patung ini, para biksu dari seluruh dunia banyak yang berdatangan untuk bisa ikut andil dari peresmian patung tersebut.

Patung ini terbuat dari perunggu yang memiliki berat 250 ton dan tinggi 34 meter. Hal ini menjadikannya mudah untuk ditemukan karena selain tingginya patung tersebut juga karena letaknya yang di atas gunung dan konon bisa terlihat hingga pulau makau ketika cuacanya cerah.

Selain dari eksteriornya, di dalam patung ini terdapat kerangka baja yang kuat untuk menupang beban patung ini yang sangat berat.

Keunikan dari patung ini adalah pembangunan dan bentuknya yang sarat akan filosofi budha yang kental.  Patung ini dinamakan Budha Tian Tan karena pondasinya merupakan model altar suci dari kuil langit di beijing. Patung sakyamukti budha ini juga merupakan salah satu dari 5 patung budha terbesar di Tiongkok. Patung ini juga bersemayam di atas bunga teratai yang memiliki 3 tingkat.

Yuk lihat :   Memanjakan Mata dengan Suguhan Flora Apik di Garden by The Bay
Budha Tian Tan Wisata Patung Budha Ikonik dari Hong Kong 3
Photo via instagram @kg4416

Selain itu, di sekeliling patung ini juga terdapat 6 patung kecil yang dikenal sebagai “persembahan dari 6 dewa yang mempersembahkan bunga, dupa, lentera, salep, buah, dan musik untuk Sang Budha. 6 komponen ini melambangkan Enam Paramita yaitu kedermawanan, moralitas, kesabaran, semangat, meditasi, dan kebijaksanaan yang merupakan sifat- sifat luhur yang diperlukan untuk mencapai pencarahan. Tangan kanan budha dinaikkan melambangkan penghapusan penderitaan dan tangan kiri yang terbuka dipangkuannya melambangkan sikap kedermawanan.

Budha Tian Tan Wisata Patung Budha Ikonik dari Hong Kong 4
Photo via instagram @dricalderini

Hal yang unik selanjutnya adalah patung ini dibangun menghadap ke utara yang berbeda dengan patung- patung lainnya yang menghadap selatan. Di dekat patung ini ada sebuah lonceng yang diukir bertuliskan budha yang di bunyikan setiap 7 menit sekali, atau 108 kali dalam sehari yang melambangkan melepaskan 108 kekotoran batin manusia.

Yuk lihat :   Berlibur ke Chiang Mai Bangkok yang Tak Pernah Sepi Wisatawan
Budha Tian Tan Wisata Patung Budha Ikonik dari Hong Kong 5
Photo via instagram @____danno

Setelah mengetahui filosofi dari patung budha tersebut tentunya kita bisa paham akan makna di balik pembuatan patung tersebut. patung tersebut mengajarkan kita banyak hal terutama ilmu akan kehidupan.

—–

Follow @destinasiomag on:
Facebook destinasiomag
Twitter @
destinasiomag
Instagram 
@destinasiomag
Email : 
heyo@destinasio.com

You may also like

More in Eropa

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *