Makan Dimana?

Yuk Berburu Kuliner Solo Merakyat Legendaris

Destinasio – Solo memang tidak memiliki banyak tempat wisata modern yang kekinian. Namun, yang membuat wisatawan datang ke kota yang satu ini adalah ketenangan, budaya Jawa dan juga kuliner Solo merakyat legendaris. Banyak yang merasakan ketenangan ketika berada di Solo. Mereka yang ingin jauh dari keriuhan kota memilih Solo sebagai tempat untuk sejenak beristirahat.
Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dan juga ada banyak sekali kuliner legendaris Solo yang harganya merakyat. Sama sekali tidak akan membuat kantongmu jebol.

Kuliner Solo Merakyat, Harga Murah Meriah 

Mungkin kamu butuh banyak waktu untuk mencoba semua kuliner khas Solo. Namun, setidaknya 5 menu berikut yang harus dicoba saat berada di Kota Solo.

Timlo Sastro

Pernah dengar grup lawak Timlo? Itu adalah grup lawak dari Solo. Namun, grup lawak tersebut tidak ada kaitannya dengan kuliner Solo merakyat legendaris yang satu ini. Sebelum ada grup tersebut, makanan timlo sudah ada. Salah satu yang terkenal adalah Timlo Sastro. Ini warung timlo yang sudah ada sejak tahun 1952.

kuliner khas solo timlo

Photo via instagram @koh_aming

Timlo ini makanan berupa potongan ampela, hati, telur, dan sosis yang dicampur di dalam satu piring. Kemudian, ada kuah putih dengan sedikit sambal. Sebelum akhirnya dihidangkan, biasanya penjual akan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

timlo sastro makanan harga merakyat legendaris khas solo

Photo via instagram @e_ndro

Biasanya, timlo ini dijajakan pada pagi hingga sore hari. Harganya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000
Baca juga : Ini dia Daftar Café Bandung Instagramable yang Anti Mainstream

Yuk lihat :   5 Kuliner Malam Jogja yang Paling Banyak Diburu Para Wisatawan

Nasi Liwet Wongso Lemu

Salah satu menu makan siang favorit disana adalah Nasi Liwet Wongso Lemu Solo. Ini nasi yang diliwet atau dimasak dengan menggunakan santan. Setelah nasi matang, nasi disajikan dengan sayur labu. Rasanya pedas manis. Ada suwiran daging ayam dan juga telur rebus. Biasanya, kulier Solo merakyat legendaris yang satu ini disajikan diatas daun pisang.

nasi liwet wongso lemu solo murah enak

Photo via instagram @jogjafood

kuliner solo legendaris nasi liwet wongso lemu

Photo via instagram @stanzazone

mencicipi kuliner nasi liwet wongso lemu solo

Photo via instagram @e_ndro

Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg tidak hanya ada di Jogja. Solo juga memiliki gudeg. Hanya saja, ada sedikit perbedaan. Gudeg Solo biasanya ditambah dengan kuah yang kental. 

gudeg ceker bu kasno khas solo paling terkenal

Photo via instagram @foo.ga

gudeg ceker solo bu kasno

Photo via instagram @milkamangesti

Gudeg Ceker Bu Kasno yang paling terkenal di Solo. Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1970an. Dan warung gudeg ini hanya buka di pagi dini hari, yaitu sekitar jam 1 pagi. Meskipun namanya gudeg ceker Bu Kasno, bukan hanya ceker saja yang disajikan melainkan juga sayap, dada, kepala, dan lain sebagainya. Hanya saja, yang paling banyak diburu adalah ceker. Selain murah, ceker di tempat ini sangat lezat dan empuk.

Soto Triwindu

Tempat kuliner yang terkenal itu tidak harus di pinggir jalan besar. Contohnya saja Soto Triwindu. Ini warung soto yang terletak di gang kecil di belakang Pasar Triwindu. 

soto triwindu solo

Photo via instagram @totokoes

Sebenarnya, Soto Triwindu ini tidak berbeda dengan soto lainnya. Hanya saja, yang membedakan adalah rasa kuahnya yang enak dan lezat. Kuahnya bening, tidak kekuning-kuningan seperti soto biasanya. Sementara itu, bahan-bahannya sama seperti nasi putih, kecambang, serta irisan daging sapi.

kuliner solo soto triwindu jokowi

Photo via instagram @rannyrainy

soto triwindu kuliner khas solo

Photo via instagram @cicikokokulineran

Kabarnya, kelezatan soto ini disebabkan cara memasak kuahnya. Kuah Soto Triwindu ini dimasak dengan menggunakan kuali tanah lihat. Dan agar kuahnya panas terus menerus, maka di bawah kuali ada arangnya. Jadi, tidak menggunakan kompor.
Kira-kira mana kuliner Solo merakyat legendaris yang bakal Anda coba? Yang pasti, jangan sampa lupa mencoba kuliner khas Solo tersebut di atas. Harganya memang murah. Namun, rasanya tak kalah dengan menu makanan mewah. 
—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

Yuk lihat :   Cafe Batavia Jakarta, Tempat Asyik Dengan Nuansa Klasik!

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *