Logo Destinasio Magazine
Buat Backpackers Pemula Wajib Baca! Tips Memilih Peralatan

Buat Backpackers Pemula Wajib Baca! Tips Memilih Peralatan

Tertarik untuk liburan atau jalan-jalan ala backpackers? Backpacking memang alternatif liburan yang hemat dan menjanjikan petualangan yang menarik.

Backpackers selalu ditunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai biar jalan-jalannya sukses. Backpackers yang udah pengalaman tentu tau gimana memilih peralatan dan apa saja yang penting buat dibawa. Tapi yang belum pengalaman mungkin bingung, salah-salah malah bawa peralatan yang gak berguna. Yang mesti diingat, milih peralatan mesti hati-hati karena itu yang menentukan kenyamanan atau bahkan keselamatan seorang backpacker.

Nah berikut ini ada beberapa tips khususnya untuk yang mau nyoba atau backpackers pemula, biar gak salah membeli backpacking gears yang tepat.

4 Tips Memilih Peralatan Buat Backpackers Pemula

Tip #1
Utamakan yang penting-penting dulu. Kalo mau beli peralatan, beli yang primary needs dulu seperti ransel (gak ada ini gak bisa jalan…), sleeping bag, pakaian yang sesuai kondisi medan, tenda emergensi, sepatu hiking, kompor dan bb-nya, korek api, kompas atau gps, dan first aid kit.

Item lain seperti radio portable dan kursi camping memang bikin perjalanan lebih asik tapi itu bukan yang utama. Tanpa benda-benda itu kita tetap survive kan?. So, first thing first. Primary needs lengkap baru agan & sista boleh nentuin yang lainnya. Bagusnya buat checklist jadi gak ada yang kelupaan.

Tip #2
Selalu utamakan kualitas. Jangan beli hanya karena murah. Backpackers sejati tau betul kalo peralatan yang dibawa harus bener-bener bisa berfungsi maksimal. Yang bagus dan berkualitas biasanya emang mahalan dikit, tapi kalo beli yang murah trus rusak sama saja kan, malah mungkin lebih boros karena harus diganti. Belum lagi rasa jengkel atau panic karena barang tersebut tiba-tiba gak berfungsi saat dibutuhkan.

Tip #3
Usahain yang dibawa simple dan gak terlalu berat. Untuk backpackers, tiga hal yang penting untuk item yang dibawa; kinerja, daya tahan, dan berat. Beban yang tidak terlalu berat memungkinkan kita berjalan lebih jauh dan lebih cepat. Ini memang butuh kejelian dan pengalaman. Semakin sering kita backpacking, semakin baik pula kemampuan kita.

Tip #4
Sesuaikan dengan kondisi dan apa yang dilakukan nanti. Misalnya kalo cuma mau hiking siang hari saja, gak perlu bawa terlalu banyak makanan dan tenda. Tapi kalo mau jalan di hutan atau tepi gunung sampe beberapa hari tentu perlu bawa peralatan lengkap seperti tenda, sleeping bag, dan pakaian untuk menahan cuaca dingin.

Nah, untuk kamu yang punya banyak pengalaman mungkin bisa nambahin. Biar para backpackers pemula gak salah milih dan gak susah di jalan.

Tulisan oleh portaltiket.com

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

Please share this!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Yuk Lihat Lainnya...

TIPS Biar Kamu Percaya Diri Saat Jalan-Jalan Sendiri
Suka Bawa 10 Ini Barang Pas Traveling, Waspada Ya!
Eksotisme Pulau Menjangan, Sisi Lain Bali Yang Kaya Keindahan Bawah Laut
Ingin Bertemu Vampir? Kunjungi 7 Lokasi Unik Ini
7 Penjara yang Kini Jadi Hotel Instagramable Keren
Jalan-jalan Menikmati Wisata Kota Madiun Yang Tak Kalah Keren
Cara Membuat Anggaran Jalan-jalan Biar Ga Overbudget!
7 Pantai dan Pulau Paling Seksi di Asia Buat Liburan Tahun 2022

Leave a Comment

Your email address will not be published.