ExplorePesona IndonesiaWisata Alam

Air Terjun Tumpak Sewu! Spot Keren Lansdcape Photography

Destinasio – Siapapun pastinya sepakat jika Air Terjun Niagra di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada adalah salah satu yang terbaik di dunia. Tapi siapa sangka ternyata di Indonesia, tepatnya di Lumajang Jawa Timur memiliki air terjun yang sekilas mirip dengan Niagra tadi. Adalah Air Terjun Tumpak Sewu. 

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 1

Photo via instagram @filippo_cesarini

Destinasi wisata alam yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Ada dua titik menarik yang bisa dinikmati di air terjun dengan ketinggian 20 meter ini, yakni pos panorama dan lembah Air Terjun Tumpak Sewu. 
Pada pos panorama kalian akan disuguhkan dengan keindahan air terjun dari ketinggian. Sementara itu, ketika ingin menuju titik kedua, yakni lembah Air Terjun Tumpak Sewu, butuh usaha yang cukup esktra. Sebab kamu diharuskan untuk trekking di medan yang cukup terjal. 

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 3

Photo via instagram @explore_pulaujawa

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 4

Photo via instagram @erick_schandra2

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 5

Photo via instagram @priasma

Keunikan Tipe Air Terjun Tumpak Sewu

Bukan tanpa sebab tiba-tiba Air Terjun ini populer sebagai Niagranya Jawa Timur. Sebab air terjun ini mengingatkan pada Niagra Waterfall yang berada di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. 
Meskipun demikian, terkait dengan debit airnya memang tidak sederas Niagra Waterfall. Tapi Air Terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya air pada air terjun ini bertipe tiered. Artinya airnya bersentuhan dengan dinding atau tebing batu dibaliknya. 

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 6

Photo via instagram @alfinazrialakbar

Perjalanan atau Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Sebenarnya terdapat 4 rute yang bisa dilalui untuk sampai ke Air Terjun Tumpak Sewu. Namun dari keempat rute tadi, lewat Desa Sidomulyo adalah rute termudah yang bisa Kamu pilih. Selain paling mudah, rute ini juga dikatakan yang paling dekat dengan spot air terjun. 
Jika memilih rute ini, kamu akan disuguhkan dengan pemkampungan sepanjang jalan yang cukup lengkap. Diawali dengan berpetualang di hutan desa yang pada akhirnya akan diakhiri dengan pemkampungan yang begitu eksotis. 
Trek menuju air terjun  memang dikenal cukup melelahkan. Tapi jangan khawatir, sebab di sepanjang jalan terdapat beberapa gardu istirahat. Dan yang perlu diingat adalah trek ini masih berupa jalan tanah setapak. Artinya jangan sampai Kamu salah kostum. Terlebih untuk alas kakinya. Sebaiknya pilihlah jenis sepatu yang memang dikhususkan untuk berpetualang. 

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 8

Photo via instagram @wizardazaka

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 6

Photo via instagram @i.monk23

Surganya Pemburu Lansdcape Photography

Di atas sudah sangat jelas jika trek menuju tempat wisata terpopuler di Lumajang ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Dan jika cuaca sedang cerah, Gunung Semeru akan tampak sangat jelas berada di belakang air terjun ini. 
Artinya waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi wisata alam di Jawa Timur ini adalah saat peralihan musim hujan ke kemarau. Tepatnya pada awal-awal musim kemarau. Pasalnya trak menuju air terjun sangat sulit jika ditempuh pada saat musim hujan.

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 9

Photo via instagram @f.juniantara_

Air Terjun Tumpak Sewu Spot Keren Lansdcape Photography 10

Photo via instagram @soulofnature89

Setelah sampai ke lokasi awal, yang berarti Kamu saat ini sedang berada di atas Air Terjun Tumpak Sewu, maka pemandangan pertama yang akan kamu lihat adalah jajaran air yang jatuh di tebing karang seperti tirai tipis tembus pandang yang direngkuh oleh hijaunya hitan di sekitarnya. 
—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

More in Explore

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *