Logo Destinasio Magazine
7 Tips Merencanakan Perjalanan Dengan Benar

7 Tips Merencanakan Perjalanan Dengan Benar

Bila Anda melakukan perjalanan, pastinya butuh perencanaan yang kuat sebelum berangkat. Berikut adalah beberapa tips untuk merencanakan perjalanan Anda secara baik dan benar.

Tentukan Parameter

Sebelum Anda berangkat ke sebuah tempat wisata di sebuah kota ataupun negara, pastikan Anda sudah menentukan beberapa parameter penting pada saat Anda melakukan travelling. Pastikan Anda sudah memikirkan masalah budget, akomodasi dan makanan yang cocok untuk Anda, jumlah pakaian yang Anda hendak bawa, asuransi perjalanan, dan partner Anda selama travelling.

Putuskan Tujuan Anda

Jika Anda ingin travelling, pastinya Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan dan tempat wisata yang ingin sekali Anda kunjungi. Temukan informasi mengenai tempat wisata dari teman, buku, majalah, internet, ataupun travel agent. Kemudian catat informasi-informasi tersebut ke buku catatan atau handphone Anda.
Satu hal yang penting juga ialah pelajari secara baik dan mendetail mengenai sebuah tempat wisata. Jangan pernah mengunjungi sebuah tempat yang sekiranya tidak Anda sukai karena akan mengganggu kenyamanan Anda pada saat travelling.

Rencanakan Perjalanan Secara Spesifik

Mulai rencanakan perjalanan Anda 6 bulan sebelum hari-H dan segera lakukan riset mengenai tujuan yang akan Anda kunjungi nanti. Pelajari secara spesifik mengenai sejarah, kebudayaan, arsitektur, makanan, kondisi geografi, tempat favorit, keuangan, tempat belanja, transportasi, dll. Carilah peta, jadwal tiap transportasi yang ada, dan total biaya keseluruhan untuk Anda nanti.

Buatlah Itinerary

Setelah memilih tujuan dan tempat wisata, segeralah membuat itinerary-nya (rencana perjalanan). Catat itinerary Anda dimulai dari tempat wisata yang akan pertama kali Anda kunjungi, bagaimana cara untuk sampai ke tempat wisata tersebut, dan pikirkan apa saja yang ingin Anda dapatkan dari tiap-tiap tujuan yang Anda kunjungi.

Persiapkan Semua Dokumen Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda sudah memeriksa semua dokumen perjalanan Anda mulai dari passport, apakah masih bisa dipakai pada saat nanti Anda pergi. Periksa juga syarat visa untuk Negara yang akan Anda kunjungi. Beberapa Negara menginginkan Anda untuk membawa visa. Dan pastikan juga Anda sudah mempunyai asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Persiapkan Masalah Keuangan

Cari tahu mata uang apa yang harus Anda punya pada saat Anda bepergian ke sebuah Negara. Credit Card bisa saja berguna, tapi bisa juga sangat menjadi tidak aman. Cek untuk traveler bias menjadi alternatif pengganti uang dan kartu kredit.

Jaga Hubungan Komunikasi

Bawalah selalu buku telepon baik itu yang manual maupun yang berada di dalam handphone. Cari tahu kode nomor telepon yang sedang Anda singgahi. Sebelum Anda memulai perjalanan, pastikan semua orang tahu kamu akan pergi kemana dan tahu cara berhubungan dengan Anda. Bila Anda tidak memiliki alamat email, segeralah buat akun email yang disediakan oleh Gmail, Yahoo, ataupun Hotmail, agar Anda bisa terus berkomunikasi dengan teman ataupun keluarga Anda.

Tulisan oleh tourexplora

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

Please share this!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Yuk Lihat Lainnya...

TIPS Biar Kamu Percaya Diri Saat Jalan-Jalan Sendiri
Suka Bawa 10 Ini Barang Pas Traveling, Waspada Ya!
Eksotisme Pulau Menjangan, Sisi Lain Bali Yang Kaya Keindahan Bawah Laut
Ingin Bertemu Vampir? Kunjungi 7 Lokasi Unik Ini
7 Penjara yang Kini Jadi Hotel Instagramable Keren
Jalan-jalan Menikmati Wisata Kota Madiun Yang Tak Kalah Keren
Cara Membuat Anggaran Jalan-jalan Biar Ga Overbudget!
7 Pantai dan Pulau Paling Seksi di Asia Buat Liburan Tahun 2022

Leave a Comment

Your email address will not be published.