Logo Destinasio Magazine
Four Seasons Sultanahmet Hotel Instagramable Bagus Keren

7 Penjara yang Kini Jadi Hotel Instagramable Keren

Mungkin penjara identik dengan bangunan yang menyeramkan dan minim lubang cahaya. Tapi, beberapa bangunan penjara berhasil disulap menjadi hotel instagramable yang keren! Tentu akan membuat sensasi menginap yang berbeda bagi tamunya.

Di seluruh dunia, mayoritas penjara dibangun pada masa penjajahan. Hal ini terkait dengan fungsinya, yaitu sebagai tempat tahanan militer. Sekarang, penjara lebih banyak digunakan sebagai rumah para tahanan kriminal. Namun atmosfernya masih sama: gelap, sempit, dan mencekam.

Eits, tahan dulu imajinasi Anda tentang penjara seperti yang dipaparkan di atas. Buktinya, beberapa penjara berhasil disulap menjadi hotel instagramable yang unik dan keren, mulai dari hostel hingga hotel kelas atas nan mewah. Pastinya akan membuat sensasi menginap yang berbeda kepada siapa pun tamunya, termasuk Anda!

Inilah 7 hotel instagramable bekas bangunan penjara yang tersebar di beberapa negara:

1. Four Seasons Sultanahmet (Istanbul, Turki)

Siapa yang tak kenal Four Seasons? Ini adalah jaringan hotel kelas dunia yang terkenal dengan hotel-hotel mewahnya. Begitu pula dengan Four Seasons Sultanahmet, yang bangunan penjaranya masih dilestarikan dengan baik.

Atmosfer mewah masih terasa di tiap sudutnya. Lapangan yang dulu tak terawat sekarang menjadi tempat makan malam romantis luar ruangan, sementara menaranya diisi oleh elevator. Four Seasons Sultanahmet berhasil menyatukan bangunan asli penjara dengan konsep neoklasik ala Turki yang menawan.

Four Seasons Sultanahmet Hotel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @fssultanahmet

2. Malmaison (Oxford, Inggris)

Sulit rasanya membayangkan sebuah bangunan penjara menjadi tempat pernikahan favorit di Kota Oxford. Ya, Anda tidak salah baca. Oxford Prison yang ditutup pada 1996 berubah menjadi Hotel Malmaison yang romantis.

Sel-sel penjara diubah menjadi kamar tamu yang indah, sementara beberapa tempat penyiksaan menjadi kantor manajemen yang indah. Jembatan-jembatan penghubung dari kaca, kamar dengan unsur kulit yang dominan, serta pencahayaan yang dibuat temaram menyatu dalam sebuah bangunan tua yang indah.

Malmaison Hotel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @malmaisonhotels
Malmaison Hotel Instagramable Bagus Keren 2
Photo via instagram @malmaisonhotels

3. Jailhotel Lowengraben (Lucerne, Swiss)

Pihak hotelnya mengatakan bahwa ini adalah “Penjara di Swiss yang tak ingin Anda tinggalkan!”. Jailhotel Lowengraben adalah hotel instagramable dengan bangunan yang dipermak seminim mungkin. Tiap sudut bangunannya masih sama, hanya diperbaiki dan dicat agar lebih nyaman. Anda juga bisa bersantai di bar bernama “Alcatraz”.

Jailhotel Lowengraben  Hotel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @r_fries

4. Celica (Ljubljana, Slovenia)

Situs lonelyplanet.com pernah mendaulat hotel ini sebagai “Hippest Hostel in the World”. Penjara militer ini dibangun pada tahun 1882 silam. Ada keunikan tersendiri pada hotel ini, yang membuat para wisatawan datang lintas benua hanya untuk menginap walau sehari.

20 Kamar yang tersedia didesain oleh arsitek yang berbeda. Tak hanya arsitek, seniman juga ikut andil dalam perombakan sel penjara ini. Anda akan menemukan atmosfer yang berbeda di tiap kamarnya. Seru kan?

Hostel Celica Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @cristiano.a.motto

5. Ottawa Jail Hostel (Ottawa, Kanada)

Pada 1862-1972 silam, Carleton County Gaol adalah rumah bagi para penjahat kriminal kelas kakap. Kondisinya sama sekali tidak manusiawi, 150 orang tahanan hidup di sel sebesar 1×3 meter. Tanpa toilet, dan tanpa penghangat sama sekali.

Sekarang, bangunan ini diubah menjadi Ottawa Jail Hostel dengan mempertahankan sebagian besar bangunan asli. Sel-selnya dirombak menjadi lebih besar, dan beberapa bagian diperbaharui agar lebih nyaman. Anda juga bisa berselancar dunia maya lewat koneksi WiFi di tiap kamarnya.

Ottawa Jail Hostel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @visit.ontario

6. Alcatraz Hotel (Kaiserslauten, Jerman)

Ketika tiba di hotel instagramable ini, Anda akan dihadapkan pada dua opsi yaitu ‘cell room’ dan ‘comfort room’. Ruangan yang nyaman adalah yang disebut terakhir itu. Namun, apalah arti menginap di bekas bangunan penjara jika tak mencoba ‘cell room’?

Sel-sel diubah menjadi kamar dengan tempat tidur yang nyaman. Namun, Anda masih bisa merasakan atmosfer penjara lewat jeruji besi yang masih terjaga, serta berbagi fasilitas toilet dengan para tamu lainnya. Di sini tersedia pula piyama loreng khas penjara, serta sarapan yang biasa disajikan untuk para tahanan.

Alcatraz Hotel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @merysf

7. The Liberty Hotel (Boston, Amerika)

Hampir tak ada tamu yang sadar, mereka tengah menginap di bekas bangunan penjara paling terkenal di Kota Boston. Dulunya, bangunan ini menjadi rumah bagi penjahat kelas kakap kota ini. Begitu memprihatinkannya kondisi bangunan ini hingga pada 1972 silam pemerintah AS menutup penjara ini.

Hingga akhirnya 30 tahun kemudian, penjara ini disulap menjadi hotel yang sangat indah dan mewah. The Liberty Hotel punya atmosfer sejenis hotel-hotel instagramable mewah lainnya seperti The Plaza.

The Liberty Hotel Instagramable Bagus Keren
Photo via instagram @liberty_hotel

Tulisan oleh therabuanasby

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

Please share this!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Yuk Lihat Lainnya...

TIPS Biar Kamu Percaya Diri Saat Jalan-Jalan Sendiri
Suka Bawa 10 Ini Barang Pas Traveling, Waspada Ya!
Eksotisme Pulau Menjangan, Sisi Lain Bali Yang Kaya Keindahan Bawah Laut
Ingin Bertemu Vampir? Kunjungi 7 Lokasi Unik Ini
Jalan-jalan Menikmati Wisata Kota Madiun Yang Tak Kalah Keren
Cara Membuat Anggaran Jalan-jalan Biar Ga Overbudget!
7 Pantai dan Pulau Paling Seksi di Asia Buat Liburan Tahun 2022
Kecantikan Wisata Bahari Pulau Banggai Sulawesi Tengah

Leave a Comment

Your email address will not be published.