The LoungeTulisan

7 Biaya yang Bisa Dihindari Selama Liburan, Biar Hemat!

7 Biaya yang Bisa Dihindari Selama Liburan, Biar Hemat!

Saat Anda berhitung mengenai anggaran liburan, pastikan untuk memasukkan biaya-biaya tambahan yang mungkin ditagihkan kepada Anda saat berlibur ke suatu daerah. Untuk mengetahui biaya apa saja yang mungkin bisa Anda hindari pengeluarannya, berikut 7 biaya tambahan yang bisa Anda hindari biar hemat:

1. Biaya Bagasi

Hindari biaya tambahan untuk bagasi pesawat dengan memilih penerbangan yang memberikan gratis untuk bagasi. Cara lain untuk menghindari ini adalah dengan memastikan kalau bagasi yang Anda bawa sesuai dengan standar bagasi yang diberikan oleh penerbangan tersebut. Seandainya Anda membawa banyak barang bawaan, cobalah untuk berhitung apakah akan lebih mudah menggunakan jasa pengiriman dibandingkan membawanya bersama Anda.

2. Biaya Pembatalan Tiket

Anda bisa menghindari biaya apapun yang berhubungan dengan pembatalan atau perubahan tiket Anda, dengan melakukan perubahan 24 jam setelah melakukan pemesanan. Aturan ini diterapkan oleh semua perusahaan penerbangan. Atau biar hemat Anda juga bisa memilih penerbangan yang tidak menerapkan biaya pembatalan atau perubahan.

3. Asuransi Mobil Sewaan

Biasanya mobil sewaan Anda sudah dilindungi oleh asuransi, cobalah untuk menghubungi perusahaan persewaan mobil sebelum memesan. Dan kartu kredit Anda juga biasanya dilindungi oleh asuransi perlindungan dari kecelakaan. Akan tetapi, mungkin memang Anda harus mengambil asuransi yang ditawarkan persewaan mobil itu jika Anda belum memilikinya.

4. Perlengkapan Hotel

Beberapa hotel memberikan biaya tambahan untuk beberapa perlengkapan hotel. Untuk menghindari hal ini tanyakan lebih dulu kepada penerima tamu, perlengkapan apa saja yang akan dikenakan biaya jika Anda memakainya. Tanyakan juga kepada mereka mini market terdekat, biar hemat Anda bisa segera membeli kebutuhan Anda sendiri.

5. Akses Internet

Akses internet belakangan memang diberikan sebagai bagian dari layanan kamar hotel. Namun ada beberapa hotel yang akan menarik biaya penggunaan internet di kamar. Saat check in, tanyakan kepada petugas check ini area mana saja di hotel itu yang bebas menggunakan internet. Atau jika memang tidak disediakan, maka Anda mungkin bisa pergi ke kedai kopi atau rumah makan terdekat yang menyediakan sambungan internet gratis.

6. Biaya Roaming

Jika Anda hendak bepergian ke luar negeri untuk beberapa hari, coba tanyakan kepada operator selular Anda apakah akan ada biaya roaming jika Anda menerima panggilan di negara lain. Atau mereka menyediakan paket roaming yang mungkin berguna bagi Anda sementara. Cari tahu dengan teliti biaya dan beban yang akan dikenakan kepada Anda jika menggunakan telepon di luar negeri.

Atau hemat dengan Anda bisa memastikan hanya menggunakan sambungan WiFi untuk telepon Anda daripada harus mengaktifkan data selular. Atau cara lain yang lebih murah adalah dengan membeli kartu telepon lokal, tapi pastikan sebelumnya kalau telepon yang Anda gunakan bisa menerima kartu lokal negara lain.

7. Biaya Transaksi Kartu Kredit

Cobalah untuk menarik uang yang akan Anda gunakan untuk liburan dan taat pada anggaran. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membayar biaya tambahan kartu kredit untuk pengeluaran ekstra. Jika Anda tidak biasa melakukan pembayaran tunai, maka gunakan kartu kredit yang tidak akan menerapkan biaya tambahan kepada Anda saat melakukan transaksi di luar negeri.

DEWI RETNO

Tulisan oleh therabuanasby

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Lounge