The LoungeTulisan

23 Kepulauan dan Pantai Favorit Turis Asing di Indonesia

23 Kepulauan dan Pantai Favorit Turis Asing di Indonesia

Indonesia memiliki banyak Keaneragaman budaya, pemandangan alam, flora dan fauna yang tidak kalah menarik dengan Luar Negeri. Untuk itu sebelum berwisata libura ke luar negeri sebaiknya coba simak tempat wisata berikut yang masih alami dan menjadi incaran wisata bagi para traveller baik dalam negeri dan Mancanegara. Berikut tempat-tempat wisata yang menjadi incaran turis asing karena pemandangan alam yang indah dan biayanya yang lebih murah.

20 Kepulauan dan Pantai Favorit Turis Asing di Indonesia

1. Raja Ampat

Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.Raja Ampat di Papua yang terkenal dengan Wisata Alam Pemandangan Bawah Laut ( Diving ) yang sangat luar biasa Indahnya, sehingga Wisatawan Domestik & Manca Negara harus Antri agar dapat menyelam di Tempat itu untuk menikmati pemandangan lau terbaik di dunia tersebut. Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut.

Raja Ampat Pantai Favorit Turis Asing

Photo via instagram @giovanni_mansilla

Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini. Salah satu yang sangat fenomenal adalah Ikan Pari di sini sangat bersahabat, mereka mengelilingi para penyelam bukan untuk menyerang mereka namun seperti mengajak bermain dengan gerakan seperti tarian.

2. Karimunjawa

Karimunjawa memiliki keindahan alam laut kepulauan ini tak kalah luar biasa. Merupakan salah satu dari 9 Taman Laut Nasional di Indonesia, Karimunjawa terdiri atas 27 pulau. Lima pulau dihuni oleh penduduk, sementara sisanya adalah pulau-pulau perawan tak berpenghuni nan jelita. Terdapat 5 jenis ekosistem di kepulauan ini; terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Keindahan biota lautnya adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi Karimunjawa. Tak kurang dari 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya. Snorkeling menjadi kegiatan favorit.

Menikmati warna-warni terumbu karang, atau menyaksikan tarian ikan-ikan badut yang lucu dan menggemaskan akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Bila ingin lebih lama menghabiskan waktu bercengkerama dengan biota laut, diving menjadi pilihan yang tepat. Di dasar laut di sekitar Pulau Kemujan terbaring Kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955 dan sekarang menjadi tempat hidup berbagai spesies ikan, serta merupakan salah satu lokasi favorit wreck diving. Penyu sisik dan penyu hijau yang langka pun kerap terlihat berenang di perairan Karimunjawa.

Pantai Karimun Jawa Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @karimunjawa.ku

Adapun spot yang disukai para turis yaitu berenang dengan hiu di Pulau Menjangan Besar, di sini kita bisa berenang dan akrab dengan hiu asalkan jangan ada luka dan darah. Di sini ada salah satu spot yang menjadi daya tarik turis asing dari berbagai mancanegara yang bernama kura2 resort, sayang pulau ini dibelih oleh asing, sehingga travel tidak dapat ke sana kecuali travel resmi dari kura2 resort itu sendiri, padahal viewnya di sana sangatlah indah dari pantai manapun di Indonesia kecuali Raja Ampat.

3. Pulau Lombok

Keindahan Pulau Lombok dan eksotismenya akan mengundang Anda dan pasangan untuk berbulan madu disini. Begitu juga dengan exotisme Pulau Gilis juga akan mengundang anda untuk menikmati keindahan pulauna.
Pulau ini merupakan salah satu dari dua pulau terbesar yang dimiliki oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keelokan pemandangan alamnya, membuat Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi bulan madu yang juga diminati.

Gili Pulau Lombok Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @pjph0t0s

Bila sudah mengetahui ke mana kaki harus melangkah, keindahan Lombok dapat dieksplorasi dalam perjalanan ini. Salah satu bagian dari Pulau Lombok yang diminati para turis asing adalah Gili Island atau Pulau Gili karena viewnya yang bagus dan fasilitas yang sudah lengkap untuk tempat wisata layaknya Bali.

4. Pulau Komodo (NTT)

Taman Nasional Komodo merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo yaitu reptil purba satu-satunya yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya. Pada perairan di pulau Komodo juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air.

Pulau komodo Pantai Favorit Turis Asing

Photo via instagram @rina_medel

Dasar laut perairan Komodo adalah yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembulnya daratan-daratan kering yang berbukit karang da juga pasir yang berwana pink.

5. Pulau Nias

Pulau Nias di Sumatera Utara yang memiliki Keindahan Pantai & Ombak yang menyerupai Ombak Di Hawaii sehingga para Peselancar dari dalam Negeri maupun Manca Negara melakukan Olahraga Selancar di Pulau Nias. Pulau Nias juga banyak memiliki Pulau – Pulau kecil dengan Pantai yang bersih sehingga membuat kagum Wisatawan.

Pantai Nias Favorit Turis Asing

Photo via instagram @sitergulo01

6. Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken yang terletak di Kota Manado merupakan salah satu Objek Wisata yang sudah di kenal luas.Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut dar berbagai Mancanegara.

Pulau Bunaken Pantai Favorit Turis Asing

Photo via instagram @keluyuranseru

7. Wakatobi

Wakatobi, mungkin sebagian orang akan mengira bahwa Wakatobi adalah nama suatu daerah di Jepang. Bukan, bukan! Wakatobi adalah gabungan dari nama-nama pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, pulau-pulau yang berada pada gugus kepulauan Tukangbesi, sebelah tenggara Sulawesi Tenggara.

Wakatobi Pantai Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @indonesea.id

Konon Wakatobi adalah salah satu surga para diver karena di sini adalah habitat dari Clown Fish alias ikan Nemo yang lucu dan imut-imut itu! Pantai-pantainya pun begitu elok dan mantab sekali untuk dijejaki. Sejak akhir tahun 2002, WWF sudah berkolaborasi dalam suatu bentuk kemitraan dengan The Nature Conservancy (TNC) untuk membantu pengelola TN Wakatobi untuk memperbaiki rencana pengelolaannya, zonasi dan penerapan pengelolaan kawasan.

8. Pulau Kayangan

Ini adalah sebuah pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 1 hektar. Pesisir sebelah barat pulau menghadap ke laut lepas Selat Makassar. Sementara pesisir timur menghadap Kota Makassar, tepatnya berhadapan dengan Pelabuhan Makassar. Tidak ada penduduk di pulau ini.

 Pulau Kayangan Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @dedi110698

9. Pantai Liang

Pasir putihnya yang sangat halus bak tepung terigu berpadu dengan semilir angin dan air laut yang nyaris tak berombak. Warna laut yang bergradasi hijau, toska, biru kebeningan menjadi daya tarik utama yang sangat menggiurkan. Pantai Hunimua atau yang lebih di kenal pantai Liang, terletak di desa Liang kabupaten Maluku Tengah.

Pantai Liang Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @audry_siahaya

Pantai Liang adalah pantai berpasir putih yang mendapat predikat sebagai pantai terindah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian badan PBB yang mengurusi pembangunan global (UNDP) tahun 1990. Predikat ini membuat Pantai Liang unggul dari Bunaken yang berperingkat ke tiga dalam penelitian serupa.

10. Pantai Ngurbloat

Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara adalah Pantai Ngurbloat yang artinya Pantai Pasir Panjang. Pantai Ngurbloat terletak di desa Ngilngof di bagian barat pulau kei kecil. Sesuai dengan sebutannnya pantai berpasir putih ini memanjang hingga 3 kilometer.

 Pantai Ngurbloat Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @visit.kei

11. Pantai Ngurtafur

Selain pantai Ngurbloat, di Kabupaten Maluku Tenggara juga terdapat sebuah pantai lagi yang cukup unik, yaitu pantai Ngurtafur. Yang unik dari pantai Ngurtafur adalah karena pantainya sangat berbeda dengan pantai pasir putih pada umumnya yang terletak memanjang di tepian pulau, pantai Ngurtafur ini memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar lebih kurang tujuh meter.

 Pantai Ngurtafur Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @paris.san.bintang

Selain itu di daerah perairan sekitar pulau Warbal merupakan tempat Tabob atau penyu Blimbing mencari makan. Tabob merupakan salah satu hewan purba yang dilindungi, jadi disini merupakan wilayah konservasi Tabob yang dikelola WWF. Pulau Warbal terletak disebelah selatan pulau Kei kecil.

12. Pantai Likupang

Pantai Likupang – Bitung – Sulawesi Utara, sebagai obek wisata sangat terkenal dengan keindahan alam -nya dengan pesona pantai yang nyaman serta pernah heboh ,ditemukan penyu hijau (chelonia mydas) yang sangat langka. Bersantai di Pantai yang berpasir putih halus dan bersih ,Menyelam dan snorkling dapat dilakukan di pantai ini. Lokasi pantai Likupang terletak di 48 km dari Kota Manado, tepatnya di kecamatan Likupang, Kabupaten Bitung.

 Pantai Likupang Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @indahexantyy

13. Pantai Lihaga

Pulau Lihaga terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Pantainya berpasir putih dengan taman lautnya yang indah dan alami akan menggoda anda untuk berenang, snorkeling atau diving. Pulau Lihaga bisa di tempuh dari manado menuju Likupang sekitar 60 menit,sedangkan Dari Likupang atau tepatnya dari pelabuhan Serei, perjalanan ke pulau hanya ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal nelayan setempat.

Pantai Lihaga Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @marcelia.angelina

14. Pulau Taka Bonerate

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Taka Bonerate dan Kepulauan Selayar adalah kekayaan Sulsel yang harus bisa didorong agar bisa bermanfaat bagi kita di Sulsel maupun di Indonesia. Ekspedisi Takabonerate telah menjadi Calender of Event Pemprov Sulsel karena merupakan atol ketiga dunia terbesar dan tempat ini adalah icon dunia.

Pantai Taka Bonerate Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @erlinahoo

15. Pantai Derawan

Update Pulau Derawan Kalimantan Timur,oleh Dr. Carden Wallace dari Museum Tropis Queensland, Australia. dinyatakan lebih dari 50 jenis hewan laut (Arcropora) dalam satu terumbu karang terdapat di selat perbatasan Malaysia itu. Tempat wisata Pulau Derawan yang masih perawan itu sepertinya akan menjadi primadona baru penggila wisata bahari.

 Pantai Derawan Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @nesa.purnamita

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter anda menjumpai “Blue Trigger Wall” Batu karang dengan panjang 18 meter tersebut tempat mangkalnya ikan trigger kususnya,dan ikan merah, ikan kurisi, teripang, barracuda juga berkeliaran yang terlihat jelas diperairan jenih disekitar “Blue Trigger Wall” tersebut.

16. Pulau Weh

Pulau Weh merupakan pulau terbesar dari gugusan kepulauan, dan menjadi jantung ibukota Sabang. Di sekelilingnya terdapat empat pulau kecil yang mengepungnya yakni Pulau Rubiah, Klah, Selako, dan Rondo. Gugusan pulau-pulau itu juga menyimpan pesona keragaman terumbu karang yang terbesar di kawasan Taman Laut Gapang, Iboih, dan Pulau Rubiah.

Pulau Weh Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @yudhincex

Ada sekitar 360 tipe terumbu karang yang keindahannya membuat pemerintah kota Sabang berkeinginan menjadikan Pulau Weh sebagai tujuan pariwisata berbasis ekologi. Kenyataannya memang banyak turis asing yang datang ke Pulau Weh hanya ingin menikmati indahnya pemandangan, birunya laut, pohon-pohon rindang, dan beragam terumbu karang.

17. Belitung

Dulu Belitung adalah pulau Timah, padahal sesungguhnya Belitung adalah pulau istimewa dengan pantai-pantai pasir seputih kertas berbatu granit artistik, air laut jernih, dan pulau-pulau kecil eksotis seperti cerita Laskar Pelangi.

 Pulau Belitung Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @sabilanp

18. Pulau Cubadak

Kawasan Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini. Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil di lepas pantai Sumatra Barat.

 Pulau Cubadak Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @adipatifozan

Sebenarnya ada banyak pulau kecil yang berpotensi besar di kawasan ini. Diantaranya Mentawai, Sipagang, Sikuai, Pasumpahan, Sirandah, Penyu, dan lain-lain. Sayangnya baru Cubadak dan Mentawai yang sudah digarap dan dipromosikan dengan baik.

19. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Selatan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Kecamatan ini terletak di bagian selatan kabupaten ini. Kecamatan ini terdiri atas tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa. Hal yang paling terlihat menarik di sini adalah Pulau Tidung yang merupakan Pulau terbesar dan terindah di wilayah Kepulauan Seribu.

 Kepulauan Seribu Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @devie_ladyjane

20. Green Canyon

Indonesia ternyata juga memiliki Green Canyon sendiri yang tak kalah cantiknya dengan Grand Canyon di Amerika. cukang taneuh atau green canyon adalah salah satu objek wisata di jawa barat yang terletak di desa kertayasa kecamatan cijulang, kabupaten ciamis ± 31 km dari pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

 Green Canyon Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @batulumpang_adventure

Di mulut gua terdapat air terjun palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di dermaga ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata batukaras serta bandar udara nusawiru.

21. Pulau Moyo

Pulau Moyo Terletak Sebelah utara Sumbawa dan di mulut teluk Saleh dengan luas + 30 Ha.Pulau Moyo mempunyai obyek wisata darat dan laut. Hutan tropis pulau Moyo merupakan habitat kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi, juga terdapat air terterjun bertingkat mata jitu.
 Pulau Moyo Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @tatangsolehudin

Wisata baharinya menyediakan panorama bawah laut yang indah untuk kegiatan menyelam (Snorkling dan Skuba diving), bahkan mulai dari dermaga pulau moyo sudah dapat dilihat ribuan ikan kecil. Lady Diana dari kerajaan Inggris dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah datang berlibur ke Pulau Moyo.

22. Pulau Sempu

Objek wisata alam yang satu ini memang tidak sebeken obyek lainnya di Jawa Timur Gunung Bromo. Akan tetapi, keistimewaannya sangat unik dan jelas berbeda dari objek-objek wisata lainnya di sana.Jauh dari kebisingan, suasananya alami, asri dan tidak ada satu pun bangunan yang berdiri di Pulau ini seperti tempat penginapan, rumah makan dan sebagainya.
Pulau Sempu Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @aprilkinsky

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Di pulau tersebut ada lebih dari 80 jenis burung yang dilindungi dan juga masih terdapat hewan-hewan lainnya seperti; babi hutan, kancil, juga lutung jawa dan jika beruntung bisa menemui jejak–jejak macan tutul.

23. Pulau Bali

Bali… Siapa yang tidak kenal Bali? Ya ini adalah salah satu objek wisata andalan Indonesia. Banyak wisatwan dari mancnegara dan lokal berbondong-bondong untuk datang ke sini. Salah satu resort yang cukup dikenal adalah Nusa Dua, Kuta, Dreamland. Namun beberapa pantai di bali tercemar akibat ulah manusia yg tidak bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan. Tapi dari tahun ketahun jumlah pengunjung semakin bertambah meskipun masih banayak tempat wisata yang jauh lebih baik dari Bali.
 Pantai Surfing Bali Favorit Turis Asing di Indonesia

Photo via instagram @bisa_surf

Tulisan oleh Elrondx

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Lounge