The LoungeTulisan

10 Tips Snorkeling Untuk Pemula Supaya Aman dan Nyaman

10 Tips Snorkeling Untuk Pemula Supaya Aman dan Nyaman

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.

Akhir-akhir ini siapa yang tidak kenal dengna istilah snorkeling. Hampir semua orang gandrung atau minimal ingin merasakan seperti apa snorkeling tersebut. Lebih-lebih dengan iming-iming pemandangan dasar laut yang sangat mempesona.

Baiklah, untuk lebih amannya akan dibagikan tips snorkeling untuk pemula supaya nyaman dan tetap aman:

Sebaiknya jangan bersnorkeling sendiri, usahakan selalu membawa teman disamping anda.

Teman disini tidak harus lebih bagus kemampuannya dibanding anda. Akan tetapi teman ini akan bisa membantu anda apabila mengalami kesulitan apapun. Minimal dia dapat memberitahukan seseorang apabila ada bahaya menimpa anda.

Selalu cek terlebih dahulu alat yang akan anda pakai.

Pengecekan alat sangat penting karena olah raga snorkeling bagi pemula sedikit banyak mengandung resiko. Cek apakah goggles atau masker tidak bocor, snorkelnya tidak bocor atau retak dan fin (sepatu katak) tidak robek dan masih lentur untuk digunakan.

Pakailah goggles / masker dengan benar

Tips snorkeling berikutnya adalah memakai goggles atau masker dengan benar membantu agar air tidak masuk ke dalam goggles. Benar dalam hal ini adalah sudah terasa lekat dengan wajah tanpa terasa ada aliran angin yang masuk. Coba cek dengan meniup dengan hidung apakah ada aliran angin yang keluar. Pastikan juga tidak ada rambut yang nyangkut ke masker/google tersebut.

Pakailah snorkel anda dan bernapaslah melalui mulut sebelum masuk ai

Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan bernapas memakai alat snorkel walaupun kelihatannya mudah, tetapi sering ditemui beberapa orang yang mengalami kesulitan melakukannya.

Basuh masker dengan sabun atau Ludah

Sebelum benar2 masuk ke air, basuhlah masker anda dengan sabun atau Ludah anda. Kemudian bersihkan dengan air. Ini berguna agar masker tersebut tidak berembun ketika digunakan.

Pakai Fin secara benar

Pemakain fin secara benar membantu agar fin tidak terlepas ketika digunakan. Pakai juga yang sesuai dengan ukuran kaki anda, jangan sampai kebesaran atau kekecilan.

Bawalah alat komunikasi (peluit)

Ini sangat berguna apabila anda tertinggal dari rombongan atau terpisah dari rombongan. Apabila dalam keadaan mendesak, hampir tidak mungkin teriakan anda terdengar oleh kawan lain dikarenakan jarak yang jauh dan kecepatan angin. peluit sangat membantu untuk anda.

Pastikan snorkel diatas air ketika snorkeling

Ketika snorkeling apapun yang terjadi pastikan lubang snorkel diatas air. Snorkel berfungsi sebagai aliran udara pernapasan anda. Apabila sampai masuk ke air bisa-bisa anda menghisap air tersebut.

Perhatikan gelombang

Perhatikan arah dan besarnya gelombang. Apabilang gelombang semakin membesar dan menurut anda sudah tidak layak untuk snorkeling. Jangan ditunda lagi segera berhenti snorkeling.

Jangan panik

Ketika snorkeling usahakan sesantai mungkin. Jangan takut, jangan panik dan jangan mengambil keputusan tergesa-gesa. Nikmati saja keindahan alam yang Tuhan ciptakan untuk anda.

Itulah 10 tips snorkeling, selamat menikmati keindahan bawah laut pantai Indonesia yang mempesona.

Tulisan oleh danangeka

—–
Follow Destinasio on:
Facebook destinasiomag
Twitter @destinasiomag
Instagram @destinasiomag
Email : heyo@destinasio.com

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Lounge